Tangerang (ANTARA) — Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menyampaikan, bahwa Bung Karno sudah membuktikan bahwa Pancasila tidak hanya mempersatukan 57 Negara, tetapi juga membebaskan dunia. Bukan hanya Indonesia saja namun, beberapa negara timur tengah melalui Asia Afrika. 

“Melalui Pidato Bung Karno tanggal 30 September 1960 itu resmi Pancasila menjadi Ideologi jalan tengah dunia. Sebagai konsekuensinya, Presiden Soekarno menjadi presiden 3 besar setelah Presiden John F.Kennedy dan Nikita Khrushchev,” paparnya saat memberikan pidato sambutan di acara “Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Peran Strategis AGPAII dalam Menyemai Ideologi Pancasila” di Universitas Pamulang, Tangerang, Banten, Kamis.

Sementara itu, Deputi Hubungan Antarlembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Prakoso mengatakan bahwa Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Kampus-Kampus termasuk merupakan bagian dari aksi nyata strategis pembinaan ideologi Pancasila dalam menyemai nilai-nilai Pancasila pada Generasi Millenial dan Generasi Z sebagai landasan dalam bertindak dan berpikir.

”Kolaborasi BPIP dengan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) dalam pembumian nilai-nilai Pancasila tidak hanya kali ini, pada tahun 2020, BPIP telah berkolaborasi dengan AGPAII melalui gerakan pelajar penggerak Pancasila,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP AGPAII Endang Zenal mengucapkan terima kasih atas Keynote speech yang diberikan oleh Kepala BPIP. Hal ini tentu dapat menunjang semangat guru pendidik agar selalu memberikan ilmu kepada siswa dalam menjalankan tugasnya sebagai Guru.

“Kami menghaturkan terimakasih kepada Bapak Kepala BPIP karena sudah mau memberikan materi kepada guru dalam memberikan semangat Pancasila,” ucapnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023