Jamal Murray tidak ikut bersama tim dan tidak berpartisipasi dalam gim eksibisi yang akan datang
Jakarta (ANTARA) - Jawara NBA musim 2022-2023 Jamal Murray disangsikan akan tampil di Inondesia Arena Jakarta untuk memperkuat Timnas Kanada dalam kompetisi Piala Dunia FIBA 2023 setelah dirinya tidak masuk dalam roster Kanada untuk gim eksibisi di Eropa.

Murray disebutkan sedang fokus dalam pemulihan kondisi pascamusim yang panjang di mana dia membawa Denver Nuggets bermain sampai ke final dan menjadi juara NBA untuk pertama kalinya.

"Jamal Murray tidak ikut bersama tim dan tidak berpartisipasi dalam gim eksibisi yang akan datang. Dia akan fokus melanjutkan pemulihan pascamusim, dan keputusan statusnya pada Piala Dunia FIBA akan ditentukan kemudian," tulis keterangan resmi Federasi Bola Basket Kanada di laman resminya, Jumat.

Baca juga: Pelatih Denver Nuggets sanjung Jamal Murray dengan sebutan superstar

Timnas Kanada sedang menjalani gim eksibisi di Eropa dengan melawan Timnas Jerman dan juara bertahan Piala Dunia FIBA Timnas Spanyol hingga pekan depan.

Kanada kalah dari Jerman dengan skor 81-86 di gim pembuka laga eksibisinya di Eropa. Selanjutnya Kanada akan melawan Spanyol di gim kedua laga eksibisi.

Jika Jamal Murray batal bertanding untuk kompetisi Piala Dunia FIBA 2023 yang salah satunya akan diselenggarakan di Jakarta, dia akan mengikuti jejak rekan satu timnya Nikola Jokic yang sedari awal juga tidak masuk roster Serbia pada piala dunia bola basket.

Baca juga: Nikola Jokic tidak masuk skuad Serbia untuk Piala Dunia FIBA 2023

Murray dan Jokic bersama-sama membawa timnya Denver Nuggets untuk menjadi juara NBA untuk pertama kalinya. Kedua bintang Denver Nuggets itu tampil impresif sepanjang musim 2022-2023 dengan membawa Nuggets ke puncak klasemen NBA Wilayah Barat di musim reguler. Selain itu, Nuggets juga hanya mengalami empat kekalahan dari total 20 pertandingan di babak playoff NBA 2023.

Sementara Timnas Kanada akan bertanding melawan Prancis, Latvia, dan Lebanon di Indonesia Arena GBK Jakarta pada babak kualifikasi Grup H Piala Dunia FIBA 2023. Sedangkan tim lain yang berada di Grup G yakni Spanyol, Brasil, Pantai Gading, dan Iran juga akan berlaga di Indonesia Arena mulai 25 Agustus mendatang.

Jika sesuai rencana, Timnas Kanada yang berisi beberapa bintang NBA tersebut akan tiba di Jakarta pada 20 Agustus mendatang untuk mempersiapkan kompetisi.

Baca juga: Indonesia siap pentaskan FIBA Basketball World Cup 2023
Baca juga: Pemain Prawira akan bela Republik Dominika di Piala Dunia FIBA
Baca juga: Trofi Piala Dunia FIBA singgahi Bali sebelum ke Surabaya

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023