Jakarta (ANTARA) - Juara NBA musim 2022-2023 dari Denver Nuggets Nikola Jokic tidak masuk ke dalam skuad timnas Serbia yang akan berkompetisi di kejuaraan Piala Dunia FIBA 2023 yang akan digelar di Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Akun resmi media sosial Instagram FIBA World Cup merilis roster timnas Serbia pada Senin (24/7) dan tidak ada nama Nikola Jokic dalam daftar pemain tersebut.

Jokic yang merupakan peraih penghargaan MVP Final NBA 2022-2023 adalah salah satu dari sekian pemain yang dinanti di Piala Dunia FIBA 2023, namun malah batal untuk tampil.

Baca juga: Nikola Jokic jadi MVP NBA dua musim beruntun

Sebelumnya, timnas Prancis juga tidak menyertakan Joel Embiid, sang peraih gelar MVP NBA 2022-2023, untuk bertanding di Piala Dunia FIBA 2023. Selain Embiid yang absen di timnas Prancis, bintang baru Victor Wembanyama juga tidak diikutsertakan oleh Prancis karena ia fokus untuk memulai karier NBA pertamanya musim depan bersama San Atonio Spurs.

Victor Wembanyama menjadi pembicaraan hangat usai masuk ke dalam NBA Draft Pick, dan menampilkan performa apik pada mini kompetisi musim panas NBA Summer League. Pemain berusia 19 tahun dengan tinggi 2,2 meter itu digadang-gadang bisa menjadi talenta besar NBA layaknya LeBron James.

Baca juga: Menpora harap Piala Dunia FIBA momentum kebangkitan basket Indonesia

Ketidakhadiran Jokic membuat negara-negara lain di Grup B seperti Sudan Selatan, China, dan Puerto Rico bisa lebih tenang karena tak harus menghadapi seorang pemain MVP Final NBA 2023.

Jokic memiliki tinggi 2,11 meter, bermain sebagai center, namun memiliki kemampuan dalam hal assist dan mencetak angka yang luar biasa. Jokic adalah paket lengkap seorang pemain basket, tinggi menjulang sebagai big man, memiliki pertahanan bagus khususnya dalam hal rebound, passing yang sangat cerdas dan sering berbuah poin, serta jadi tulang punggung tim lantaran kerap menjadi top skorer.

Tak heran dengan kemampuan serba bisa itu Jokic telah mengemas 29 triple-double pada musim reguler NBA 2022-2023, ditambah dengan 10 triple-double lagi di babak playoff NBA 2023.

Baca juga: Tur trofi Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia akan dimulai dari Solo
Baca juga: FIBA tak temukan cela di Indonesia Arena
Baca juga: Cinta Laura jadi duta Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023