Jakarta (ANTARA) - Dewa United Banten merekrut pemain asing dari Republik Dominika yang ikut berkompetisi di Piala Dunia FIBA 2023, sebagai punggawa baru terakhirnya jelang kompetisi IBL 2024 dimulai.

Pebasket timnas Republik Dominika itu adalah Gelvis Solano yang mengisi slot terakhir pemain asing Anak Dewa di bawah arahan pelatih Pablo Daniel Favarel.

"Selamat bergabung untuk Gelvis yang merupakan pemain berbakat dengan pengalaman di sejumlah liga dan FIBA World Cup," kata Presiden Klub Dewa United Banten Michael Oliver Wellerz, dikutip dari laman resmi klub di Jakarta, Kamis.

Gelvis menjadi pemain asing ketiga yang dimiliki Dewa United Banten musim ini setelah Jordan Adams dan Tavario Miller. Sosok Gelvis juga dianggap cocok dengan sistem permainan yang diterapkan Coach Pablo di Dewa United Banten.

"Dia telah banyak memiliki pengalaman bermain di level internasional, bahkan dia ikut tampil bersama Dominika di FIBA World Cup 2019 dan 2023 lalu," kata pelatih Pablo.

"Saya rasa kehadirannya di daftar roster kami akan sangat penting karena kami sangat membutuhkan perannya di tim sebagai point guard," tambahnya.

Baca juga: IBL tip-off 13 Januari, pembukaan di Bali dan big match di Bandung

Gelvis bermain untuk timnas Republik Dominika di FIBA World Cup 2023 dan membawa negaranya juara Grup A di babak pertama.

Namun sayang langkah Dominika terhenti di babak kedua FIBA World Cup 2023 dan finis di urutan ke-14, dengan Gelvis mencatatkan statistik 2,2 poin per game dan dua assist per game.

Sedangkan di level klub, Gelvis yang terakhir kali bermain di Reales de la Vega di liga lokal mengemas statistik 17,3 poin per game, 4,4 rebound per game, dan 6,1 assist per game.

"Perjalanan panjang ke Indonesia, tapi saya sudah di sini sekarang. Ini pengalaman pertama saya di Indonesia, saya tak sabar untuk memulai petualangan ini bersama tim," ungkap Gelvis.

Kompetisi basket tanah air IBL 2024 akan dimulai pada 13 Januari. Gim pembuka dilaksanakan di Bali mempertemukan tim Bali United Basketball melawan Amartha Hangtuah Jakarta.

Baca juga: Pelatih Dewa United tuntut pemain cepat beradaptasi dengan sistem
Baca juga: Kapten Pacific Caesar Surabaya: Kami sudah siap bermain di IBL 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024