Jakarta (ANTARA) - Kanada menempati posisi ketiga dalam kejuaraan Piala Dunia FIBA 2023 setelah mengalahkan Amerika Serikat dalam laga perebutan medali perunggu dengan skor 127-118 pada laga yang digelar di Mall of Asia Arena Manila Filipina, Minggu.

Laga yang mempertemukan dua tim yang bertabur para pemain NBA itu berlangsung ketat hingga pertandingan harus diselesaikan lewat babak tambahan waktu atau overtime.

Kanada memimpin jalannya sebagian besar laga. Namun, AS dengan para pemain muda NBA dua kali membuat Kanada kerepotan, yaitu pada pengujung kuarter pertama dan akhir kuarter kedua.

Bahkan situasi skor menjadi seri dan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Mikal Bridges melemparkan tembakan tripoin pada 2 detik terakhir, dan bola mencapai keranjang 1,8 detik setelahnya yang mengubah skor 108-111 menjadi 111-111 di kuarter keempat.

Namun babak tambahan waktu selama lima menit tak berjalan seketat akhir kuarter empat. AS hanya mampu membuat tujuh poin, sementara Kanada mencatatkan 16 angka.

Dillon Brooks menjadi pemain terbaik pada laga AS melawan Kanada dengan mencetak 39 poin, yang 21 angka di antaranya dibuat dari tembakan tripoin.

Shai Gilgeous-Alexander yang saat melawan Serbia diredam dengan hanya mencetak 15 poin, kali ini kembali ke performanya dengan menyarangkan 31 angka. RJ Barrett menambahkan 23 poin, dan Kelly Olynyk bersama Luguentz Dort sama-sama menyumbang 11 poin.

Dari AS, Anthony Edwarda mencetak 24 poin, Austin Reaves 23 poin, Mikal Bridges 19 poin, Boby Portis Jr 14 poin, Jalen Brunaon 13 poin, dan Josh Hart 10 poin.

Baca juga: Latvia capai posisi lima di piala dunia pertamanya
Baca juga: Taklukan AS 111-113, Jerman menuju final piala dunia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023