Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan akan menggunakan chipset anyar Bionic A17 pada dua varian iPhone 15 Pro yang disiapkan meluncur bulan depan. 

Kabar itu pertama kali diungkap oleh pembocor teknologi @Uredditor melalui unggahannya di X yang menyebutkan chipset itu dikembangkan oleh TSMC dengan fabrikasi 3 nanometer.

Dalam laporan GSM Arena, Kamis (10/8), baik iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max nantinya juga akan memiliki RAM sebesar 6 GB. 

RAM itu disebut akan disuplai dari Samsung atau Micron, bahkan mungkin saja keduanya menyuplai RAM untuk Apple secara bersamaan.

Baca juga: Samsung mulai produksi OLED untuk iPhone 15 

Laporan itu juga menyebutkan Apple berencama untuk menggunakan chip dengan nomor model t8130 untuk model iPhone 15 Pro-nya dan chip yang sama akan digunakan juga untuk iPhone 16 versi biasa dan plus di tahun depan.

Sementara untuk versi Pro di 2024, Apple akan menggunakan chipset dengan nomor model t8140 yang diduga merupakan penerus Bionic A17 yaitu Bionic A18.

Belum ada kabar lebih spesifik mengenai Bionic A18, namun untuk hadirnya Bionic A17 di iPhone 15 Pro dan Pro Max dapat dinantikan dalam waktu dekat.

Lebih lanjut untuk iPhone 15 series tahun ini disebut juga akan mengikuti standar yang ditetapkan oleh Uni Eropa terkait pengisian daya dan mengadopsi USB-C untuk dukungan pengisian dayanya.

Untuk versi reguler, iPhone 15 akan menggunakan teknologi USB 2.0 sementara versi Pro akan menggunakan teknologi yang lebih cepat dengan konektor USB 3.2.

Baca juga: Permintaan iPhone 15 diperkirakan lebih rendah daripada iPhone 14
Baca juga: iPhone 16 Pro Max dikabarkan miliki kamera periskop "Super Telephoto"

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023