setetes darah ini sangat berharga untuk bisa menyelamatkan nyawa orang
Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menggelar aksi donor darah dalam rangka HUT ke-78 Republik Indonesia, sekaligus memenuhi kebutuhan darah di Bumi Cenderawasih.
 
"Kegiatan donor darah menjadi hal yang wajib dilakukan setiap menjelang HUT Kemerdekaan RI di mana untuk membantu sesama yang membutuhkan," katanya Plh Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun usai melakukan aksi donor darah di Kota Jayapura, Papua, Jumat.
 
Menurut Ridwan, untuk aksi donor darah kali ini pihaknya melibatkan masyarakat sekitar, TNI Polri serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya sehingga ditargetkan terhimpun 200 kantong darah.
 
"Karena setetes darah ini sangat berharga untuk bisa menyelamatkan nyawa orang oleh aksi sosial itu mempunyai nilai kemanusiaan," ujarnya.

Baca juga: Pentingnya donor darah, PMI Papua gencarkan sosialisasi
Baca juga: Gabungan komunitas Jayapura gelar donor darah pecahkan rekor MURI
 
Dia menjelaskan pihaknya sangat memberikan apresiasi karena aksi sosial seperti ini dapat membantu sesama. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh masyarakat melakukan aksi donor darah karena setetes darah sangat berharga.
 
"Apalagi stok di PMI harus selalu kurang karena setiap detik, menit pasti ada yang membutuhkan kantong darah," katanya lagi.
 
Sementara itu, Ketua Panitia HUT Kemerdekaan ke-78 RI Suzana Wanggai mengatakan selain aksi donor darah ada juga anjang sana, serta pembersihan Tugu Pepera di mana sebagai momen mengingat jasa para pahlawan.
 
"Kami juga melakukan anjang sana dengan memberikan bantuan sembako ke para pahlawan di Bumi Cenderawasih," katanya lagi.

Baca juga: ANTARA Sumut kembali gelar donor darah peduli sesama
Baca juga: IPC TPK ajak masyarakat sumbang 100 kantong darah per hari ke PMI
Baca juga: Bridgestone Indonesia bersama PMI gelar kegiatan donor darah

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023