Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 5.070 orang yang terbagi dalam 390 regu mengikuti lomba gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia di Kota Jayapura, Papua, Jumat.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Jumat, mengatakan jumlah peserta gerak jalan kali ini merupakan yang terbanyak selama lomba tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura.

Baca juga: Ponorogo gelar parade dadak merak meriahkan HUT Kemerdekaan RI

"Kami menyampaikan apresiasi kepada semua peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, BUMN, BUMD hingga kelompok masyarakat se-Kota Jayapura yang turut memeriahkan HUT RI dengan mengikuti lomba gerak jalan," katanya.

Pekey berpesan kepada semua peserta agar tetap menjaga kesehatan dan kenyamanan selama mengikuti lomba.

"Kami juga minta seluruh warga agar senantiasa menjaga keamanan dan sama-sama memeriahkan HUT RI di Kota Jayapura," ujarnya.

Baca juga: Pemkab HST gelar karnaval dan kreativitas PAUD peringati HUT ke-78 RI

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura Rocky Bebena mengatakan lomba gerak jalan dalam rangka HUT RI sempat terhenti karena COVID-19 pada 2020 dan dilaksanakan kembali pada 2023.

"Peserta yang ikut banyak karena kami sudah menyampaikan informasi ini sebulan sebelum pelaksanaan," katanya.

Ia menambahkan, untuk pelajar SMP, SMA, dan umum rute yang ditempuh dalam lomba gerak jalan sepanjang 7,5 kilometer itu diawali dari Kantor Wali Kota Jayapura dan berakhir di Kantor Gubernur Provinsi Papua.

Baca juga: Pemkab Puncak Jaya gelar lomba lari maraton 5 km semarakkan HUT RI

"Sementara untuk tingkat SD finis di Taman Imbi Distrik Jayapura Utara atau rute sepanjang 6,5 kilometer," ujarnya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023