Kami mengamankan imigran gelap agar mereka bisa kembali ke negera asalnya.
Cilegon (ANTARA News) - Sebanyak 53 imigran gelap diamankan Polair Polda Banten saat melintasi Perairan Pasauran kawasan Pantai Anyer, Kabupaten Serang menuju Pulau Christmas Australia.

"Kami mengamankan para imigran setelah adanya laporan dari masyarakat," kata Direktur Polair Polda Banten, Kombes Budi Hermawan, Senin.

Ia mengatakan, mereka para imigran gelap itu berasal dari Myanmar, Afghanistan dan Banglades. Dari 53 imigran itu, di antaranya dua wanita dan satu balita.

Sebelumnya petugas mengamankan mereka dengan mengevakuasi ke Kapal Gagak 3011 milik Mabes Polri dan bersandar di PT Indah Kiat Cilegon. Saat ini, para imigran itu sudah diamankan imigrasi Serang dan tinggal di salah satu hotel untuk dimintai keterangannya.

Selama ini, perairan Banten mulai dari Merak, Pantai Ujung Kulon dan Pantai Selatan Lebak dijadikan jalur pelarian para imigran menuju Pulau Christmas. Karena itu, masyarakat diminta membantu aparat kepolisian jika menemukan orang asing itu.

"Kami mengamankan imigran gelap agar mereka bisa kembali ke negera asalnya," katanya.

Menurut dia, penangkapan imigran gelap itu setelah diketahui masyarakat yang mencurigakan adanya perahu dengan penumpang padat. Selain itu juga tampak penumpang perahu bukan nelayan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan mereka hendak menuju Australia karena di negara asalnya terjadi konflik," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013