Jakarta (ANTARA) -
Roster Timnas Basket Putra Indonesia diminta untuk bermain secara lepas tanpa beban dan menikmati pertandingan dari gim ke gim pada Prakualifikasi Olimpiade 2024 yang diselenggarakan di Suriah 12-17 Agustus.
 
Skuat Timnas Basket Indonesia untuk ajang Prakualifikasi Olimpiade 2024 didominasi oleh pemain muda, dan beberapa pemain baru pertama kali masuk daftar timnas.
 
Kepala Pelatih Timnas Basket Indonesia Milos Pejic tidak membebankan target yang besar kepada anak asuhnya mengingat para pemainnya belum memiliki pengalaman yang matang.
 
“Kita tidak bisa memasang target besar karena kita datang dengan tim baru. Hampir semua pemain yang berpengalaman tidak bisa datang," kata Milos Pejic.
 
Dia mengatakan, laga tandang ke Damaskus Suriah ini dijadjkan sebagai ajang persiapan Asian Games di China.
 
"Bagi kami, ajang ini menjadi bagian dari persiapan menuju Asian Games,” jelasnya.

Baca juga: Perbasi kirim 11 pemain ke Suriah untuk Prakualifikasi Olimpiade 2024
 
Di Suriah, Timnas Indonesia bermaterikan pemain muda seperti Yudha Saputera, Widyanta Putra Teja, Althof Dwi Satrio, Muhamad Arighi, Juan Laurent, Kelvin Sanjaya, Hendrick Xavi Yonga, dan Marques Bolden.
 
Bahkan ada beberapa pemain yang baru saja merasakan atmosfer laga internasional di timnas 5 on 5 seperti Antoni Erga, Reza Guntara, dan Pandu Wiguna.
 
Keputusan ini diambil karena situasi yang kurang menguntungkan bagi timnas. Banyak pemain cedera dan beberapa pemain andalan juga ada urusan personal.
 
“Kita kehilangan enam pemain dan kita bertanding dengan menurunkan pemain muda. Ada juga yang baru pertama gabung timnas. Kami tidak mau berikan tekanan terlalu banyak ke mereka, harus hati-hati. Turnamen ini sangat ketat dan kami akan berikan terbaik yang kami bisa meski itu tidak akan mudah,” kata Milos Pejic.
 
Coach Milos mengatakan semua lawan di Prakualifikasi Olimpiade ini tim kuat. Kazakhstan, Bahrain, Arab Saudi pernah bermain di Asia Cup sebelumnya.
 
Peserta Prakualifikasi Olimpiade 2024 di Suriah antara lain Indonesia, Bahrain, Syria, Arab Saudi, Kazakhstan, dan India. Seluruh tim akan bertanding satu sama lain atau bersistem single round robin.
 
Jadwal Timnas Indonesia pada Prakualifikasi Olimpiade 2024 di Damaskus Suriah:
 
12 Agustus 2023 vs Kazakhstan
 
13 Agustus 2023 vs India
 
14 Agustus 2023 vs Arab Saudi
 
16 Agustus 2023 vs Bahrain
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023