Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) mengirimkan 11 pemain terbaik yang akan terbang ke Suriah untuk bertanding di ajang Prakualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Nama-nama tersebut merupakan yang sudah terbiasa masuk jajaran skuat Timnas Indonesia seperti Yudha Saputera, Widyanta Putra Teja, Althof Dwi Satrio, Mohamad Arighi, Juan Laurent, Kelvin Sanjaya, Marques Bolden, dan Hendrick Xavi Yonga.

Selain itu ada pemain pendatang baru di Timnas Indonesia untuk ajang internasional yakni Antoni Erga, Reza Guntara, dan Pandu Wiguna.

Milos Pejic akan bertindak sebagai kepala pelatih dengan asisten pelatih Yohannis Winar dan Wahyu Widayat Jati.

Manager Timnas Indonesia Jeremy Imanuel Santoso dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa, mengatakan 11 pemain ini akan terbang ke Suriah pada 9 Agustus 2023.

"Ini kompetisi penting untuk kita," kata Jeremy.

Baca juga: Laga internasional syarat Timnas Basket Indonesia main di piala dunia

Dia mengatakan perjalanan ke Suriah merupakan langkah pertama bola basket Indonesia menuju Olimpiade 2024 Paris. Jika menang dalam Pra Kualifikasi Olimpiade ini, Timnas Indonesia akan lolos ke babak Kualifikasi Olimpiade tahun depan sebagai perwakilan Asia.

Jeremy menjelaskan terkait nama-nama yang dipanggil dalam ajang ini merupakan pemain terbaik menyusul banyaknya pemain cedera.

Di saat yang sama, regulasi hanya membolehkan setiap kontestan diperkuat satu pemain naturalisasi.

"Banyak pemain alami cedera dan beberapa ada yang halangan karena alasan personal. Pemain dengan status cedera seperti Agassi Goantara, Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, Brandon Jawato, dan Vincent Kosasih sedang jalani operasi lasik," katanya.

Dalam komposisi pemain yang dibawa ke Suriah ini, ada beberapa nama yang baru masuk Timnas Indonesia seperti Antoni Erga, Pandu Wiguna, dan Reza Guntara.

"Ajang ini momentum pemain yang belum pernah dipanggil timnas seperti Antoni Erga, Pandu Wiguna, dan Reza Guntara untuk memberikan kontribusi dan memperlihatkan kemampuan di level internasional,” kata Jeremy.

Di Prakualifikasi Olimpiade 2024 Paris, Zona Asia dibagi dua grup. Indonesia berada di Grup B bersama Suriah sebagai tuan rumah, Kazakhstan, dan Saudi Arabia. Sementara di Grup A ada Korea Selatan, Taiwan, India, dan Bahrain. Pertandingan berlangsung pada 12-20 Agustus 2023.

Baca juga: Timnas Indonesia tunjukkan taring di Indonesia Arena

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023