Jakarta (ANTARA) - Pelatih Kepala Timnas Basket 3x3 Indonesia Andika Ramadhani mulai merancang sebuah timnas basket 3x3 yang konsisten bertahan dalam jangka panjang agar menjadi tim yang tangguh saat berkompetisi di kejuaraan mancanegara.

"Kami ingin dalam empat atau lima tahun ke depan itu susunan pemain tidak berubah-ubah," ujar Andika ketika ditemui usai jumpa pers yang digelar Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, jika ada timnas yang diisi atlet-atlet yang sama dalam beberapa tahun maka tim menjadi lebih kompak dan sudah saling memahami permainan mereka.

Andika mencontohkan seperti timnas 3x3 dari Sri Lanka yang cukup hebat dalam kompetisi karena mereka konsisten membentuk tim yang sebagian besar diisi pemain yang sama sejak 2018.

"Untuk mengirim tim mereka (Tim Sri Lanka) di level Asia, di level FIBA, itu pemainnya ya itu-itu saja, tidak jauh berbeda," ujarnya.

Baca juga: Perbasi siapkan 15 atlet muda jalani latihan enam bulan di Lithuania

Andika mengatakan, Indonesia belum memiliki liga basket 3x3 sehingga para atlet belum terbiasa dengan bentuk permainan basket tersebut.

Oleh sebab itu, diperlukan sebuah tim yang konsisten agar terus terbiasa dengan permainan basket 3x3 dan sesama pemain bisa saling memahami cara bermain mereka.

"Harus ada tim yang tetap dalam hitungan tahun sehingga mereka terbiasa dengan habitat mereka," ujarnya.

Ia mengatakan, rancangan tim tersebut juga telah dibicarakan dan disepakati bersama Ketua Umum Pengurus Pusat Perbasi Danny Kosasih.

"Jadi mulai tahun ini tim tersebut kami persiapkan sehingga kita bisa lebih siap menghadapi berbagai kejuaraan ke depan," katanya.

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad pemain muda untuk kejuaraan di 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024