....Ketersediaan fasilitas yang lengkap akan meningkatkan nilai properti, mengoptimalkan fungsi lahan, dan menciptakan pengalaman untuk konsumen.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat Properti dan Senior Associate Director Capital Markets Colliers International Indonesia (CII) Aldi Garibaldi menilai, ketersediaan club house dalam suatu kawasan hunian dapat menjaga nilai aset properti di kawasan tersebut.

Club house merupakan fasilitas premium yang disiapkan oleh pengembang properti pada kawasan hunian modern. Ketersediaan fasilitas yang lengkap akan meningkatkan nilai properti, mengoptimalkan fungsi lahan, dan menciptakan pengalaman untuk konsumen,” ujar Aldi dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Ketersediaan fasilitas publik di kawasan properti seperti club house membuat penawaran menjadi tinggi, sehingga harga aset dan nilai investasi terjaga. Selain itu, jumlah konsumen turut menentukan harga properti.

Baca juga: Pembangunan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg picu peningkatan bisnis properti

Secara umum, keberadaan club house disebut dapat meningkatkan sense of community antara pengembang dan konsumen. Semua menjadi dekat dan terintegrasi, sehingga kualitas kawasan properti menjadi berkualitas.

Club house dapat pula memudahkan sosialisasi penghuni dengan adanya tempat berkumpul bagi penghuni suatu kawasan untuk saling bertemu dan bersosialisasi. Hal itu dinilai bisa meningkatkan tenggang rasa antartetangga maupun bertukar informasi yang dibutuhkan.

"Sebagai fungsi sosial, club house juga bisa menjadi tempat kumpul para pemilik rumah untuk membahas isu-isu terkini atau faktor luar yang mempengaruhi kawasan properti," kata dia.

Fungsi lain dari club house adalah ketersediaan fasilitas hiburan seperti bioskop pribadi, kolam renang, taman bermain anak, taman bunga, dan ruang terbuka hijau. Kemudian juga fasilitas olahraga, misalnya lapangan badminton, lapangan tenis, lapangan basket, studio fitness, hingga jogging track.

Salah satu kawasan properti yang menyediakan premium club house adalah Bukit Podomoro Jakarta, milik Agung Podomoro. Club house Bukit Podomoro Jakarta disiapkan di kawasan hunian yang berada di Jakarta Timur di atas lahan seluas 2.500 meter persegi.

Baca juga: APLN : Terjaganya ekonomi & suku bunga beri sentimen positif properti

Chief Marketing Officer Bukit Podomoro Jakarta Zaldy Wihardja menerangkan bahwa pihaknya memang fokus dalam pembangunan fasilitas umum yang berkualitas seperti club house untuk memenuhi kebutuhan penghuni akan ruang rekreasi dan penunjang gaya hidup sehat.

"Sejak awal pembangunan proyek ini, memang kami sudah merencanakan untuk membangun club house terlebih dahulu sebagai fasilitas unggulan. Kami percaya bahwa tersedianya fasilitas umum seperti club house akan memberi value yang kuat untuk konsumen, ragam manfaat dan menambah kualitas hidup bagi penghuni Bukit Podomoro Jakarta. Tidak hanya itu, perumahan yang memiliki club house biasanya memiliki nilai tambah yang tinggi jika dijadikan aset investasi," ungkapnya.

Zaldy mengatakan club house di Bukit Podomoro Jakarta sudah selesai dibangun saat proyek perumahan masih dalam tahap pembangunan. “Konsumen sudah dapat menikmati fasilitas ini bahkan sebelum rumahnya selesai dibangun, dan ini menunjukkan komitmen kami sebagai pengembang terpercaya untuk membangun properti berkualitas sesuai kebutuhan masyarakat," ucap dia.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023