Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Papua menerima bantuan hibah ambulans laut untuk mendukung pelayanan kesehatan dalam penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih 2023 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

"Satu unit ambulans laut akan digunakan sebagai transportasi khusus untuk kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor," ujar Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud Nathaniel Duwiri dikonfirmasi di Biak, Sabtu.

Baca juga: Lantamal VI operasikan ambulans laut dukung serbuan vaksin COVID-19

Duwiri berharap adanya ambulans laut yang dimiliki Dinas Kesehatan Biak Numfor dapat menambah kepemilikan prasarana peralatan kesehatan Biak dalam rangka menyambut Sail Teluk Cenderawasih pada 1-7 November 2023.

Diakui Duwiri, pemberian bantuan ambulans laut dari Kemenkes ke Pemkab Biak Numfor merupakan salah satu bentuk kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka mencapai target/indikator pembangunan kesehatan.

Duwiri berharap bantuan ambulans laut tersebut, dapat menunjang kinerja pelayanan kesehatan untuk masyarakat Biak Numfor yang bermukim di wilayah pesisir kepulauan Numfor dan Padaido/Aimando.

Selain ambulans laut, Dinkes Biak Numfor juga memiliki mobil ambulans darat untuk pelayanan kedaruratan dengan akses 119.

Salah satu indikator penting dalam pembangunan adalah indeks pembangunan manusia (IPM), menurut Duwiri, terdiri atas indeks ekonomi (pendapatan riil per kapita), indeks pendidikan (angka melek huruf dan lama sekolah) dan indeks kesehatan (umur harapan hidup waktu lahir).

Baca juga: TNI AL dukung pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih di Biak Numfor

Baca juga: Basarnas siapkan petugas terlatih dukung Sail Teluk Cenderawasih 2023


​​​​​​Ia mengakui untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar tercapainya visi pembangunan kesehatan untuk menciptakan manusia yang sehat, produktif, mandiri dan berkeadilan.

Pada pelaksanaan STC 1-7 November 2023, di Kabupaten Biak Numfor, Dinkes setempat juga menyiapkan tenaga dokter, bidan dan perawat untuk melayani kesehatan warga saat STC berlangsung.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023