“Tidak masuk ke polemik, kami tidak tidak masuk ke sana, tapi yang jelas kebutuhan pemilu itu selamanya terkait dengan tahapan, dan itu tugas tanggung jawabnya KPU,
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengatakan bahwa lembaga penyelenggara pemilu itu tidak masuk ke dalam berbagai polemik terkait Pemilu 2024 yang selama ini mencuat di publik, melainkan fokus menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk menyelenggarakan tahapan pemilu.

“Tidak masuk ke polemik, kami tidak tidak masuk ke sana, tapi yang jelas kebutuhan pemilu itu selamanya terkait dengan tahapan, dan itu tugas tanggung jawabnya KPU,” kata Mellaz dalam webinar “Sosialisasi Perkembangan Tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024” dipantau secara daring melalui kanal YouTube Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia, Jakarta, Sabtu.

Dia lantas mencontohkan polemik-polemik yang bahkan mencuat sejak tahun lalu itu, misalnya terkait dengan isu perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode, hingga kurangnya anggaran pelaksanaan Pemilu 2024.

“Atau isu yang lain-lain, yang sebenarnya membuat publik pesimistis apakah Pemilu 2024 akan bisa berjalan dengan baik atau tidak,” ucapnya.

Namun, dia memastikan bahwa hingga saat ini jajaran KPU pusat hingga kabupaten/kota tetap menjalankan tahapan Pemilu 2024 sesuai alur dan tenggat yang telah ditetapkan.

“Sampai sekarang hampir bisa dipastikan segala perencanaan dan kemudian realisasinya tidak ada satupun yang meleset dari tahapan,” ujarnya.

Mellaz juga mengatakan bahwa KPU selalu menginformasikan pula informasi dan tahapan pemilu yang berjalan kepada publik.

“Hampir setiap hari, terutama semenjak kami tetapkan tahapan pemilu yang dimulai tanggal 14 Juni 2022, semua urusan informasi tentang kepemiluan, tahapan apa yang sedang berjalan, semuanya kita informasikan secara terus menerus kepada publik,” kata dia.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023