Harapannya program ini dapat mendorong masyarakat untuk turut serta berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.
Balikpapan (ANTARA) - Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas)  Kalimantan-Sulawesi sudah melakukan penanaman 200 ribu lebih pohon dari target 400 ribu pohon dalam gerakan nasional menanam dua juta pohon pada tahun 2023.

”Untuk target SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi sudah terealisasi penanaman 247.918 bibit pohon,” kata Kepala Perwakilan SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi Azhari Idris di Balikpapan, Sabtu.

Sebelumnya SKK Migas Kalimantan-Sulawesi bersama para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang berkantor di Balikpapan menggelar acara tanam pohon di Mangrove Center Lamaru, Balikpapan.

Penanaman mangrove merupakan aksi nyata dari industri hulu migas dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Harapannya program ini dapat mendorong masyarakat untuk turut serta berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Baca juga: IKN tegaskan siap jadi pelopor kota "zero carbon" di Indonesia
Baca juga: Pemprov Kalteng dapat bantuan ISO tank oksigen dari SKK Migas

Apalagi target penanaman pohon ini direalisasikan melalui rehabilitasi daerah aliran sungai, program pengembangan masyarakat, program penghijauan pada buffer zone atau daerah batas dari fasilitas produksi atau fasilitas pendukung, serta pemulihan lingkungan, termasuk lingkungan sekitar pekerja industri hulu migas dalam program One Two Trees (satu orang menanam dua pohon).

Pada tahun 2022 lalu SKK Migas Perwakilan Kalsul memiliki target penghijauan sebesar 350.000 ribu penanaman pohon dan terealisasi 785.901 penanaman pohon atau sebesar 225 persen.

“Dalam rencana strategiS IOG 4.0, para KKKS tidak hanya ditarget memproduksi 1 juta barel oil per day (BOPD) dan 12 miliar kaki kubik gas (BSCFD) pada tahun 2030, namun juga turut mengoptimalkan peningkatan nilai tambah dari kegiatan hulu migas serta memastikan keberlanjutan lingkungan,” jelas Azhari.

Menanam pohon juga salah satu upaya bahwa industri hulu migas bisa berkontribusi terhadap penurunan emisi karbon. 
Baca juga: Pemerintah resmikan proyek gas Merakes di Kalimantan Timur
Baca juga: Mengulang kejayaan sejuta barel pada 2030


Pewarta: Novi Abdi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023