Dengan potensi dan prestasi yang telah ditunjukkan oleh UNG, saya percaya bahwa universitas ini memiliki kapabilitas untuk menjadi pembina ketenagakerjaan yang unggul di Kawasan Teluk Tomini
Gorontalo (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menetapkan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai pembina ketenagakerjaan di kawasan Teluk Tomini.

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan hal itu kepada Rektor UNG Eduart Wolok di Gorontalo, Sabtu, saat dijamu menu nasi kuning kaldu Gorontalo pada kunjungannya di wisata Hiu Paus Botubarani, Kawasan Teluk Tomini.

Pertemuan ini menjadi momen penting dalam membangun kemitraan strategis untuk mendorong perkembangan Kawasan Teluk Tomini, terutama di wilayah Gorontalo.

Pada kesempatan itu keduanya mengulas berbagai aspek yang berkaitan dengan Teluk Tomini, potensi ekonomi yang terkandung di dalamnya, serta peran UNG untuk mengembangkan kawasan tersebut.

Dalam video testimoni, Menaker Ida Fauziyah menjelaskan UNG telah memainkan peran yang sangat penting dalam mengembangkan potensi ekonomi daerah  tersebut serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga: Menaker dukung pendirian Teluk Tomini Career Center di UNG

"Saya dengan tulus melihat kontribusi luar biasa yang telah diberikan oleh Universitas Negeri Gorontalo dalam memajukan Kawasan Teluk Tomini," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menaker juga menyoroti komitmen dan dedikasi UNG dalam melakukan penelitian yang relevan dengan keperluan industri lokal dan global.

UNG, menurut Menaker Ida Fauziyah, bukan hanya sekadar perguruan tinggi, tetapi juga mitra strategis dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan ketenagakerjaan.

“Dengan potensi dan prestasi yang telah ditunjukkan oleh UNG, saya percaya bahwa universitas ini memiliki kapabilitas untuk menjadi pembina ketenagakerjaan yang unggul di Kawasan Teluk Tomini," katanya.

Baca juga: Menaker minta mahasiswa perkuat kompetensi hadapi dunia kerja

Menaker Ida Fauziyah mengapresiasi upaya UNG dalam mencetak lulusan-lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

"Saya yakin UNG akan terus berperan dalam menghasilkan SDM yang berkualitas dan inovatif, sehingga memberikan kontribusi yang signifikan dalam memenuhi keperluan tenaga kerja di berbagai sektor," katanya.

Rektor UNG Prof Eduart menyampaikan komitmen mendukung visi pemerintah untuk mengembangkan Kawasan Teluk Tomini menjadi pusat ekonomi unggulan di Indonesia.

Ia mengatakan UNG siap berperan sebagai pembina ketenagakerjaan di Kawasan Teluk Tomini dan terus berfokus pada pengembangan SDM yang berkualitas, berinovasi, dan melakukan riset yang relevan dengan kebutuhan industri, sehingga dapat mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing nasional.

Baca juga: Menaker dorong peran universitas dalam penguatan pilar Desmigratif
 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023