Jakarta (ANTARA) - Istana Kepresidenan menggelar gladi kotor Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu.

Gladi kotor upacara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB di lapangan Istana Merdeka.

Berdasarkan pantauan ANTARA, puluhan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sedang berlatih baris-berbaris di bagian samping Istana Merdeka sejak pukul 08.00 WIB.

Sementara itu, suasana di Gedung Istana Merdeka yang menjadi lokasi mimbar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah terpasang karpet merah dan ornamen berbentuk sayap burung garuda dan bunga melati berwarna emas. Ornamen tersebut terpasang pada pilar-pilar Istana Merdeka.

Di seberang Istana, tampak dua unit videotron yang nantinya akan menampilkan seluruh rangkaian acara.

Gladi kotor dimulai dengan masuknya pasukan kirab bendera pusaka yang terdiri dari marching band dari korps TNI-Polri, purna-Paskibraka dan kereta kencana yang membawa duplikat bendera Merah Putih dari Monumen Nasional untuk dikibarkan di lapangan Istana Merdeka.

Kemudian acara dimulai dengan iring-iringan musik dan pasukan TNI-Polri memasuki lapangan upacara. Setelahnya diikuti dengan penghormatan umum kepada inspektur upacara.

Paskibraka pun mengibarkan bendera latihan berwarna kuning-hijau. Gladi kotor juga dilengkapi dengan penampilan Gita Bahana serta flypast dari TNI AU.

Pada gladi kotor ini, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin diperagakan oleh orang lain.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023