... di IKN juga ada upacara peringatan 17 Agustus pada hari yang sama.
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo akan menyampaikan kepastian Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada 17 Agustus 2024 berlangsung di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Seperti diberitakan sebelumnya, tahun ini menjadi momen terakhir kalinya Upacara Peringatan HUT RI diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta. Selanjutnya, Pemerintah berencana untuk melangsungkan upacara di Istana Negara IKN.

"Kalau kepastiannya nanti Bapak Presiden akan menyampaikan sendiri apakah tahun depan atau bagaimana nanti Bapak Presiden akan menyampaikan langsung," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin saat ditemui di Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Minggu.

Bey menjelaskan bahwa pada upacara tahun ini terdapat konferensi video dari IKN, salah satunya untuk menggambarkan suasana di lokasi tersebut.

"Nanti ada semacam video conference dengan IKN karena di IKN juga ada upacara peringatan 17 Agustus pada hari yang sama," kata Bey.

Dikatakan pula bahwa Upacara Detik-Detik Peringatan Proklamasi dalam memperingati HUT Ke-78 RI juga diselenggarakan di IKN.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono akan menjadi Inspektur Upacara.

Presiden Jokowi pun akan berinteraksi dengan Kepala Otorita IKN jika jaringan internet memungkinkan.

"Direncanakan seperti itu. Kami cek juga nanti jaringan apakah memungkinkan atau tidak," kata Bey.

Pada hari Minggu (13/8), Istana Kepresidenan menggelar gladi kotor Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Lapangan Istana Merdeka, Jakarta.

Suasana di Gedung Istana Merdeka yang menjadi lokasi mimbar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin terlihat sudah terpasang karpet merah dan ornamen berbentuk sayap burung Garuda, serta bunga melati berwarna emas. Ornamen tersebut terpasang di pilar-pilar Istana Merdeka.

Baca juga: Istana gelar gladi kotor Upacara Detik-Detik Proklamasi
Baca juga: PUPR optimistis Istana Presiden IKN bisa dipakai Upacara HUT RI 2024

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023