Jakarta (ANTARA) - Roberto Mancini secara mengejutkan mundur dari posisi pelatih tim nasional Italia, ungkap Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dalam sebuah pengumuman, Minggu.

FIGC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah "menerima keputusan" Mancini untuk mengundurkan diri kemarin malam.

"Karena komitmen penting dan tim akan menjalani kualifikasi Euro 2024 melawan Makedonia Utara dan Ukraina, FIGC akan mengumumkan nama pelatih nasional baru dalam beberapa hari ke depan," tambah FIGC yang dikutip AFP.

Mancini ditunjuk sebagai pelatih pada Mei 2018 setelah Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 ketika masih dilatih oleh Gian Piero Ventura.

Mantan pemain timnas Italia itu cukup sukses melatih tim negaranya dengan memenangkan Piala Eropa (Euro) 2021, tetapi gagal membawa Italia lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pengunduran diri Mancini terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya peringatan.

Pada awal bulan ini, pria berusia 58 tahun itu juga diberi tanggung jawab untuk melatih timnas Italia U-21 dan U-20.

Media-media Italia berspekulasi bahwa Luciano Spalletti akan ditunjuk sebagai pelatih pengganti. Spalletti adalah pelatih yang mampu mengakhiri 33 tahun penantian Napoli untuk meraih gelar Serie A musim lalu sebelum meninggalkan posisinya.

Baca juga: Roberto Mancini senang Italia raih posisi tiga Nations League
Baca juga: Italia amankan peringkat ketiga usai permalukan Belanda 3-2
Baca juga: Uruguay juara Piala Dunia U20 usai kalahkan Italia 1-0

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023