Jakarta (ANTARA) - Mantan pelatih klub Serie A Napoli Luciano Spalletti resmi menggantikan peran Roberto Mancini untuk melatih tim nasional Italia, demikian federasi sepak bola Italia FIGC pada Sabtu.

"Tim nasional membutuhkan pelatih hebat dan saya sangat senang dia menerimanya," kata Presiden FIGC Gabriele Gravina di laman resmi federasi.

Tim berjuluk Gli Azzuri itu akan mulai dipimpin oleh Spalleti mulai 1 September mendatang.

"Antusiasme dan keahliannya (Spalletti) akan menjadi dasar untuk tantangan yang menanti Italia dalam beberapa bulan mendatang," ungkap Gabriele Gravina.

Spalletti sebelumnya memutuskan mengundurkan diri dari Napoli seusai membawa tim kota Naples tersebut menjuarai gelar Serie A musim 2022/2023 yang telah dinantikan klub selama 33 tahun.

Pelatih berusia 64 tahun itu memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia sepak bola selama satu tahun. Namun seusai dikaitkan dengan timnas Italia, Spalletti memutuskan untuk kembali mengambil peran sebagai pelatih.

Baca juga: Roberto Mancini mundur dari tim nasional Italia

Sementara itu Mancini resmi mengundurkan diri pada 13 Agustus lalu karena alasan pribadi. Mantan pelatih Manchester City itu telah menjadi nahkoda Italia selama lima tahun.

Di bawah Mancini, Italia mampu menjadi juara pada gelaran Euro 2020. Namun Mancini gagal membawa Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Kini Spalletti mempunyai tantangan untuk membawa Italia mampu mempertahankan gelar juara Eropa yang akan berlangsung di Jerman setahun mendatang.

Saat ini Italia tengah menjalani kualifikasi Euro dan tergabung di grup C. Italia berada di peringkat ketiga dengan torehan tiga poin hasil dari satu kali menang dan satu kali kalah.

Baca juga: Napoli datangkan gelandang dari Reims Jens Cajuste

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023