Selama pelaksanaan TIFF 2023, PLN ikut ambil bagian baik dalam pameran, Tournament of Flower (TOF) dengan mengkampanyekan energi baru terbarukan
Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) mengkampanyekan energi baru terbarukan di Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

"Selama pelaksanaan TIFF 2023, PLN ikut ambil bagian baik dalam pameran, Tournament of Flower (TOF) dengan mengkampanyekan energi baru terbarukan," kata General Manager PLN Suluttenggo J A Ari Dartomo, di Manado, Minggu.

Dia mengatakan kegiatan TIFF dilaksanakan sejak tanggal 9-14 Agustus 2023.

Ari Dartomo mengungkapkan bahwa keterlibatan PLN dalam TOF tak lepas dari peran petani binaan PLN Peduli yang menerapkan program Electrifying Agriculture bunga krisan melalui konsep smart farming dalam menghasilkan bunga dengan kualitas produksi yang baik.

Secara khusus petani binaan PLN memproduksi kurang lebih sebanyak 18.000 tangkai bunga dalam mendukung pelaksanaan TOF 2023.

“Hari ini, kendaraan hias yang kami hadirkan dalam TOF menggunakan bunga dengan kualitas sangat baik yang dihasilkan oleh petani binaan PLN,” ungkap Dartomo.

Tak hanya itu, melalui hiasan bunga-bunga indah tersebut, PLN juga mengkampanyekan Energi Baru Terbarukan (EBT) kepada seluruh pengunjung yang tampak antusias menyaksikan dari awal hingga berakhirnya acara parade TOF.

“Sebagai BUMN yang terdepan dalam transisi energi, PLN ingin terus memperkenalkan penggunaan EBT kepada seluruh masyarakat serta ekosistem kendaraan listrik yang dapat mengurangi emisi,” tambah Dartomo.

PLN terus berkomitmen mewujudkan transisi energi untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Hingga saat ini, sejumlah torehan positif telah tercapai dalam upaya mendorong pengunaan energi bersih tersebut.

Berbagai upaya PLN pada strategi transisi energi serta penggunaan energi bersih lainnya bagi Indonesia untuk mencapai NZE dapat diakses langsung dari PLN Magazine di aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store. PLN Mobile Semua Makin Mudah.

Sebanyak 28 peserta kendaraan hias, aksi marching band serta fashion carnival berhasil memukau puluhan ribu pengunjung sepanjang jalan yang menjadi rute pelaksanaan kegiatan TOF yang dibuka Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Sebanyak 400.000 tangkai bunga menghiasi kendaraan hias peserta dalam ajang TOF. Penggunaan bunga tersebut tentu membawa manfaat yang positif yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para petani bunga.

Baca juga: Sandiaga: TIFF jawaban festival berkelas dunia milik Indonesia
Baca juga: Tiga negara dipastikan ikut parade kendaraan hias di Tomohon

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023