tiga negara sudah menyatakan kesediaannya untuk mengikuti acara ini termasuk perwakilan pemerintah negara tersebut
Manado (ANTARA) - Sebanyak tiga negara dipastikan mengambil bagian pada acara parade kendaraan hias rangkaian kegiatan 'Tomohon International Flower Festival' (TIFF) yang akan dilaksanakan pada 8-12 Agustus 2023.

"Iya ada tiga negara yang sudah menyatakan kesediaannya untuk mengikuti acara ini termasuk perwakilan pemerintah negara tersebut," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Yudhistira Siwu di Tomohon, Sulawesi Utara, Selasa.

Ketiga negara tersebut yaitu Amerika Serikat, Jepang dan Seychelles, sementara beberapa negara lainnya masih dalam tahapan memastikan keikutsertaan.

"Kami juga berharap kehadiran mereka akan diikuti dengan duta besar. Konfirmasi untuk hadir dalam acara ini sementara dilakukan," katanya.

Baca juga: 200 ribu tangkai bunga krisan disiapkan untuk festival bunga Tomohon

Dia mengatakan, diperkirakan ada sebanyak 30 kendaraan hias yang akan mengikuti hajatan tahunan yang masuk kalender Kementerian Pariwisata tersebut.

"Jalannya parade kendaraan hias ini kami akan sesuaikan dengan waktu atau durasi. Diperkirakan sekitar dua jam durasinya, sehingga peserta yang ikut dalam parade ini ada sekitar 26-30 kendaraan hias," ujarnya.

Dia menyebutkan penyelenggaraan 'Tomohon Festival Bunga Internasional' ke- 12 tahun ini akan dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Dinas Pertanian Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan sebanyak 391 ribu tangkai bunga Krisan untuk kendaraan hias pada pelaksanaan TIFF 2023.

Baca juga: FEKDI 2023 mendorong Pasar Tomohon masuk Tokopedia

Baca juga: PLN Peduli kembangkan UMKM kain tenun Kofo di Sulut

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023