Saya membayangkan TIFF 2023 semakin mantap posisinya, Tomohon menjadi destinasi wisata global
Manado (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berharap Tomohon International Flower Festival (TIFF) menjadi jawaban bagi festival berkelas dunia yang dimiliki Indonesia.

"Saya membayangkan TIFF 2023 semakin mantap posisinya, Tomohon menjadi destinasi wisata global," ujar Menteri Sandiaga di Tomohon, Selasa.

Dikatakan, TIFF juga tidak kalah lagi dengan Pasadena dan tidak kalah lagi dengan festival-festival lainnya di dunia.

Karena itu, Menteri memberikan apresiasi bagi Kota Tomohon dan Sulawesi Utara yang sudah melaksanakan festival ini.

"TIFF terpilih masuk dalam kharisma nusantara terbaik Indonesia dan selamat untuk masyarakat yang mendukung TIFF 2023 Indonesia," ujarnya.

Bunga bagi masyarakat Tomohon adalah unique selling point dan kota ini menjadi destinasi wisata yang sangat unggul salah satunya karena memiliki bunga.

"Tomohon punya alam yang indah, cuacanya sejuk, masyarakat ramah dan budaya yang sangat adi luhung, juga memiliki bunga. Saya membayangkan TIFF semakin memantapkan posisi Tomohon menjadi destinasi wisata global," katanya menambahkan.

Menteri Sandiaga mengatakan, proses pembuatan kendaraan hias bisa mempekerjakan enam hingga sepuluh orang, melibatkan banyak UMKM, serta melahirkan inovasi dan kreativitas.

Pada akhirnya juga menampilkan sisi terpenting dari kebangkitan ekonomi khususnya industri pariwisata khususnya di Tomohon.

Gelaran festival bunga ke sebelas tersebut juga dihadiri Irjenad Letnan Jenderal TNI Alfred Denny Djoike Tuejeh, pejabat Kemenparekraf, kepala daerah, pemerintah provinsi, serta undangan lainnya.

Baca juga: Tiga negara dipastikan ikut parade kendaraan hias di Tomohon
Baca juga: 200 ribu tangkai bunga krisan disiapkan untuk festival bunga Tomohon

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023