Nikkei Jepang tergerus 0,1 persen, meskipun para eksportir mendapat dukungan dari yen yang lemah
Sydney (ANTARA) - Saham Asia dibuka melemah pada Senin, menjelang rilis data China yang kemungkinan akan memperkuat kasus untuk stimulus serius, bahkan ketika Beijing tampaknya mengabaikan terhadap seruan, sementara kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah menekan valuasi setinggi langit pada saham teknologi dan menopang dolar.

Geopolitik menjadi kekhawatiran tambahan setelah kapal perang Rusia pada Minggu (13/8/2023) melepaskan tembakan peringatan ke sebuah kapal kargo di Laut Hitam barat daya, menandai tahap baru perang yang dapat berdampak pada harga minyak dan pangan.

Indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang merosot lagi 0,2 persen, setelah jatuh 2,0 persen minggu lalu. Nikkei Jepang tergerus 0,1 persen, meskipun para eksportir mendapat dukungan dari yen yang lemah.

Indeks saham-saham unggulan China CSi 300 juga kehilangan 3,4 persen minggu lalu di tengah serangkaian berita ekonomi yang mengecewakan, yang berpuncak pada laporan mengerikan tentang pinjaman bank baru pada Juli.

Angka-angka penjualan ritel dan produksi industri akan dirilis pada Selasa (15/8/2023) dan para analis menganggap angka-angka tersebut akan mengecewakan, menjaga tekanan pada yuan.

Menambah kekhawatiran tentang memburuknya kesehatan pengembang properti negara yang sarat utang adalah berita bahwa dua perusahaan tercatat China belum menerima pembayaran atas produk investasi yang jatuh tempo dari Zhongrong International Trust Co.

China Country Garden, pengembang properti swasta top negara itu, juga akan menangguhkan perdagangan 11 obligasi domestik mulai Senin.

S&P 500 berjangka bernasib lebih baik di awal perdagangan dengan kenaikan 0,2 persen, sementara Nasdaq berjangka menguat 0,3 persen.

Itu mengikuti kerugian pada Jumat (11/8/2023) ketika pembacaan yang sangat tinggi pada harga produsen AS menguji optimisme pasar bahwa inflasi akan cukup dingin untuk menghindari kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Angka penjualan ritel AS minggu ini diperkirakan akan menunjukkan kenaikan 0,4 persen dalam pengeluaran, dengan risiko di sisi tinggi sebagian Amazon Prime Day.

Analis di BofA mengatakan data pengeluaran kartu kredit dan debit menunjukkan penjualan bisa naik 0,7 persen dengan aktivitas sekitar liburan 4 Juli lebih kuat dari tahun lalu.

Hasil seperti itu akan menantang prospek pasar yang jinak untuk suku bunga, dengan pasar berjangka menyiratkan peluang 70 persen Federal Reserve selesai dengan kenaikannya. Pasar juga memiliki lebih dari 120 basis poin perkiraan pemotongan untuk tahun depan mulai sekitar Maret.

Risalah pertemuan terakhir The Fed dijadwalkan pada Rabu (16/8/2023) dan dapat menunjukkan anggota ingin tetap membuka opsi mereka untuk kenaikan lebih lanjut.

Analis di Goldman Sachs berpendapat bahwa pasar telah melangkah terlalu jauh dalam memperkirakan pelonggaran yang agresif.

"Motivasi untuk pemotongan di luar resesi adalah untuk menormalkan suku bunga dana dari level restriktif kembali ke netral setelah inflasi mendekati target," tulis mereka dalam sebuah catatan.

"Normalisasi bukanlah motivasi yang sangat mendesak untuk pemotongan, dan untuk alasan itu kami juga melihat risiko yang signifikan bahwa Fed malah akan tetap stabil."

Mereka memperkirakan pemotongan hanya 25 basis poin per kuartal mulai dari kuartal kedua tahun depan, dengan suku bunga dana akhirnya stabil di 3-3,25 persen.

Ketahanan ekonomi dikombinasikan dengan persyaratan pinjaman pemerintah yang sangat besar membuat imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun naik pada 4,176 persen, setelah terangkat 12 basis poin minggu lalu.

Kenaikan itu membuat dolar terhadap yen yang berimbal hasil rendah, mengangkat ke 144,90 dan sedikit lebih tinggi dari tertinggi tahun ini di 145,07. Euro telah mencapai level tertinggi sejak akhir 2008 dan bertahan di 158,51 yen. Mata uang tunggal lebih terikat pada dolar di 1,0942 dolar.

Kenaikan dolar dan imbal hasil membebani emas diperdagangkan pada 1.914 dolar AS per ounce, setelah jatuh selama tiga minggu berturut-turut.

Baca juga: Wall St ditutup beragam, S&P 500 dan Nasdaq jatuh untuk minggu kedua
Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, inflasi lemah AS gagal redakan kegelisahan
Baca juga: Saham Asia dibuka melemah karena kekhawatiran China, tunggu inflasi AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023