Singapura (ANTARA) - Yen merosot ke terendah tahun ini terhadap dolar AS di perdagangan Asia pada sesi Senin sore, menembus level kunci 145 sebelum mendapatkan kembali kekuatannya karena para pedagang dengan hati-hati mencari petunjuk tentang kemungkinan intervensi, sementara dolar naik ke tertinggi lebih dari satu bulan.

Yen Jepang melemah ke level 145,22 per dolar AS pada jam-jam awal Asia, terendah sejak 10 November sebelum dengan cepat berbalik arah dalam awal minggu yang bergejolak. Terakhir yen diambil 144,92 per dolar, naik tipis 0,03 persen.

Imbal hasil rendah Jepang telah membuat mata uang ini menjadi sasaran empuk bagi short-seller dan pendanaan perdagangan, dengan melebarnya kesenjangan suku bunga antara Jepang dan Amerika Serikat yang menyebabkan pelemahan yen yang terus-menerus.

Jepang melakukan intervensi di pasar mata uang September lalu ketika dolar naik melewati 145 yen, mendorong Kementerian Keuangan (MOF) untuk membeli yen dan mendorong pasangan ini kembali ke sekitar 140 yen. Yen turun hampir 10 persen terhadap dolar untuk tahun ini.

"Kurangnya intervensi verbal sejauh ini menunjukkan bahwa tingkat kesabaran otoritas Jepang mungkin telah meningkat setelah perubahan terbaru pada kebijakan moneter dan tren disinflasi di Amerika Serikat," kata Charu Chanana, ahli strategi pasar di Saxo Markets.

"Tetap saja, pedagang berpotensi berhati-hati dengan level 145 itu dan beberapa aksi ambil untung mungkin terjadi, menunjukkan pergerakan di atas 145 kemungkinan akan tetap merangkak lebih lambat."

Dengan yen berkeliaran di sekitar level itu lagi, para pedagang mengharapkan pejabat Jepang untuk memulai peringatan intervensi segera seperti yang mereka lakukan pada Juni.

"Kami percaya MOF akan mulai mendorong kembali di kisaran 145-148," kata Joey Chew, kepala riset valas Asia di HSBC. "Tapi jika tidak, posisi short pada yen kemungkinan akan dibangun kembali lebih lanjut."

Investor saat ini memegang posisi short dalam yen senilai 7,25 miliar dolar AS, turun 30 persen dari level tertinggi 14 bulan pada bulan lalu.

Para analis mengatakan data PDB dan IHK (Indeks Harga Konsumen) di Jepang yang akan dirilis minggu ini kemungkinan akan menjadi kunci bersama dengan data penjualan ritel AS yang dapat terus mendorong imbal hasil obligasi pemerintah lebih tinggi.

Imbal hasil obligasi pemerintah telah meningkat dan mendapat dorongan lain pada Jumat (11/8/2023) setelah data menunjukkan harga produsen AS sedikit meningkat pada Juli, lebih dari yang diharapkan, karena biaya jasa-jasa pulih dengan laju tercepat dalam hampir setahun.

Itu terjadi setelah berita pada Kamis (10/8/2023) bahwa harga konsumen naik moderat pada Juli. Data IHP (Indeks Harga Produsen) meragukan apakah Federal Reserve telah selesai dengan siklus kenaikan suku bunganya.

Pasar mengantisipasi hampir 89 persen kemungkinan Federal Reserve mempertahankan suku bunga pada pertemuan bulan depan, alat CME FedWatch menunjukkan, dengan pedagang mengantisipasi tidak ada lagi kenaikan untuk sisa tahun ini.

Namun, para pejabat bank sentral telah menyatakan bahwa terlalu dini untuk membuat perkiraan seperti itu.

Analis ANZ mengatakan ketahanan konsumen AS akan menjadi sorotan bersama rilis data penjualan ritel Juli, dengan kenaikan harga bahan bakar dan kondisi kredit yang lebih ketat diperkirakan akan menggigit.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang lainnya, naik 0,097 persen menjadi 102,95, setelah menyentuh tertinggi lebih dari satu bulan di 103,02.

Euro turun 0,12 persen menjadi 1,0931 dolar, sementara sterling melemah 0,15 persen menjadi 1,2675 dolar.

Dolar Australia turun 0,42 persen menjadi 0,6470 dolar AS, sedangkan kiwi turun 0,36 persen menjadi 0,5963 dolar AS. Kedua mata uang Antipodean meluncur ke level terendah sejak November di awal sesi. Mata uang telah dirusak oleh data perdagangan dan inflasi yang mengecewakan dari China, pembeli terbesar dari ekspor sumber daya mereka.

Sementara sentimen terhadap China turun, data frekuensi tinggi China minggu ini mungkin hanya membutuhkan sedikit pukulan untuk menyebabkan reaksi terbalik yang kuat di proksi China, kata Kepala Riset Pepperstone, Chris Weston.


Baca juga: Yen di atas 145 per dolar di Asia, pedagang cari petunjuk intervensi
Baca juga: Dolar stabil di Asia, data inflasi dorong taruhan jeda kenaikan Fed

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023