Berdasarkan hasil pengamatan kegempaan dan visual serta analisis data, status Gunung Raung diturunkan dari Siaga menjadi Waspada terhitung tanggal 5 April 2013, pukul 17.00 WIB,"
Banyuwangi (ANTARA News) - Status Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) di perbatasan Kabupaten Banyuwangi-Bondowoso, Jawa Timur, turun dari Siaga (Level III) menjadi Waspada (Level II).

"Berdasarkan hasil pengamatan kegempaan dan visual serta analisis data, status Gunung Raung diturunkan dari Siaga menjadi Waspada terhitung tanggal 5 April 2013, pukul 17.00 WIB," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, saat dihubungi via telpon dari Banyuwangi, Selasa.

Menurut dia, penurunan kegempaan tremor terjadi secara signifikan terhitung sejak tanggal 25 Maret 2013 dan gempa tersebut mulai tidak terekam sejak awal bulan April hingga saat ini, sehingga PVMBG menurunkan status gunung yang memiliki kaldera sangat luas itu.

"Aktivitas kegempaan pada tanggal 1--4 April 2013, tercatat satu kali gempa vulkanik dangkal, 24 kali gempa tektonik jauh, dan satu kali gempa tremor," paparnya.

Secara visual, tanggal 1-4 April 2013 terlihat cuaca terang hingga mendung, angin tenang, suhu udara 19-26 derajat celcius, puncak gunung terkadang terlihat jelas dan terkadang tertutup kabut.

Dengan status waspada, lanjut dia, PVMBG merekomendasikan kepada masyarakat baik pengunjung, wisatawan, maupun pendaki tidak diperbolehkan mendekati kawah yang ada di puncak Gunung Raung dalam radius 1,8 kilometer dari kawah aktif.

"Saya mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Raung tetap tenang, tidak terpancing isu-isu tentang adanya letusan karena PVMBG selalu berkoordinasi dengan BPBD Jatim, BPBD Bondowoso, dan BPBD Banyuwangi terkait dengan aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl itu," ujarnya.

Kegiatan Gunung Raung pada umumnya dicirikan oleh embusan asap kawah berwarna putih tipis, tekanan lemah dengan ketinggian berkisar antara 50 hingga 75 meter dari puncak yang umumnya condong ke arah utara.

Sejak 18 Oktober 2012 pukul 21.00 WIB status Gunung Raung dinaikkan dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II), dan sejak tanggal 22 Oktober 2012 pukul 20.30 WIB statusnya dinaikkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III).


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013