London (ANTARA) - Rusia dalam proses melengkapi kapal selam nuklir barunya dengan rudal hipersonik Zircon, kata kepala produsen kapal terbesar Rusia kepada kantor berita resmi RIA dalam wawancara yang diterbitkan pada Senin.

"Kapal selam nuklir serba guna dari proyek Yasen-M akan ... dilengkapi dengan sistem rudal Zircon secara teratur," kata Alexei Rakhmanov, kepala eksekutif United Shipbuilding Corporation (USC), kepada RIA.

"Pekerjaan ke arah itu sedang berjalan," lanjutnya.

Kapal selam kelas Yasen, yang juga dikenal sebagai Proyek 885M, adalah kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir, dan dibangun untuk menggantikan kapal selam serang nuklir era Soviet sebagai bagian dari program guna memodernisasi tentara dan armada.

Rudal hipersonik Zircon berbasis lautan memiliki jangkauan 900 kilometer, serta dapat bergerak pada beberapa kali kecepatan suara, sehingga membuatnya sulit dalam mempertahankan diri melawannya.

Presiden Vladimir Putin awal tahun ini mengatakan bahwa Rusia akan memulai pasokan massal rudal Zircon sebagai bagian dari upaya negara itu guna meningkatkan kekuatan nuklirnya.

Fregat serbaguna Rusia Admiral Gorshkov, yang telah menguji kemampuan serangannya di Samudra Atlantik barat awal tahun ini, telah dilengkapi dengan rudal Zircon.

Sumber: Reuters
Baca juga: Rusia terima kapal selam pertama pengangkut 'drone' bertenaga nuklir
Baca juga: AL Rusia akan terima kapal selam nuklir kedua akhir tahun
Baca juga: Kapal selam bertenaga nuklir AS tiba di Korsel

 

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023