Jalan tersebut mau diputus karena tinggal aspal lagi. Kami akan koordinasikan dengan pemprov terkait dengan pembangunan jalan tersebut
Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengatakan pemerintah provinsi (pemprov) segera menangani jalan provinsi yang amblas akibat banjir di wilayah Kecamatan V Koto.
 
"Kebetulan ada pihak provinsi di daerah ini dan mereka sudah melihat langsung jalan yang amblas tersebut, dan mereka segera menanganinya," kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko Yusup di Mukomuko, Senin.
 
Ia mengatakan hal itu usai mendampingi pihak Dinas PUPR Provinsi Bengkulu mengecek jalan provinsi yang menghubungkan Desa Sungai Lintang dan Pondok Tengah Kecamatan V Koto yang amblas akibat banjir.
 
"Jalan tersebut mau diputus karena tinggal aspal lagi. Kami akan koordinasikan dengan pemprov terkait dengan pembangunan jalan tersebut," ujarnya.

Baca juga: Jalan lintas barat Bengkulu nyaris amblas
Baca juga: PU anggarkan Rp190 miliar untuk jalinbar Bengkulu
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ruri Irwandi mengatakan ada dua jalan provinsi yang putus akibat banjir yakni ruas jalan di Kecamatan Teras Terunjam dan Kecamatan V Koto.
 
Dari dua ruas jalan tersebut, katanya, ruas jalan di Kecamatan Teras Terunjam sudah bisa dilewati karena banjir yang merendam jalan tersebut sudah surut, sehingga masih ada satu ruas jalan di Kecamatan V Koto yang masih putus.
 
"Kami sudah laporkan kondisi jalan yang putus akibat banjir kepada BPBD Provinsi Bengkulu dan mereka akan berkoordinasi dengan Dinas Provinsi Bengkulu," ujarnya.
 
Selain itu, kata dia, banjir yang merendam ratusan rumah di sejumlah wilayah di Kabupaten Mukomuko sejak Minggu malam (13/8) kini sudah mulai surut.

Baca juga: BPBD Mukomuko segera tetapkan status tanggap darurat banjir
Baca juga: BPBD Mukomuko minta warga evakuasi mandiri


 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023