Jakarta (ANTARA/JACX) – Dalam beberapa bulan terakhir, maraknya penipuan phishing dengan berbagai cara seperti lowongan kerja, pemberhentian kepesertaan BPJS dan lain sebagainya.

Beredar SMS yang mengatasnamakan salah satu ekspedisi bahwa paket yang dikirimkan hilang. Pelanggan diminta memperbaharui alamat dan pengiriman baru melalui tautan yang dikirim.

Berikut narasi dalam SMS yang dikirimkan:

“J&T Express: Paket Anda tudaj dapat dikirim karena alamat yang hilang. Anda dapat memperbaharui alamat online Anda dan meminta pengiriman baru.”

Namun benarkah SMS tersebut?

Waspada pesan mengatasnamakan ekspedisi ke pelanggan karena paket hilang dan meminta pelanggan menekan tautan. Faktanya, J&T mengklarifikasi bahwa pesan tersebut merupakan hoaks. (SMS)
Penjelasan:

Dilansir dari media sosial resmi J&T Express, J&T Express tidak pernah meminta J&T Friends untuk mengunduh aplikasi melalui Whatsapp atau chat, serta juga tidak pernah meminta mentransfer sejumlah uang atau biaya tambahan pada saat proses pengiriman berlangsung.

Jika Anda menerima pesan seperti itu, mohon untuk segera diabaikan dan jangan mengunduh / klik file APK terkait. Apabila kalian merasa ragu, dapat segera menghubungi call center J&T Express di 021-8066-1888.

Klaim: Penipuan alamat paket hilang dari ekspedisi melalui SMS

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Pesan WhatsApp cek tagihan BPJS

Cek fakta: Hoaks! Surat tagihan pajak melalui surel

Baca juga: Tips aman bertransaksi digital agar terhindar modus penipuan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023