kios pedagang di Pasar Kawak telah dikosongkan dan dibongkar. Seluruh pedagang menempati area relokasi yang telah disediakan
Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, merelokasi para pedagang di Pasar Kawak  selama pelaksanaan renovasi bangunan pasar tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Rakyat, Dinas Perdagangan Kota Madiun, Puguh Supradijanto di Madiun, Senin, mengatakan kios pedagang di Pasar Kawak telah dikosongkan dan dibongkar. Seluruh pedagang menempati area relokasi yang telah disediakan.

"Seluruh pedagang telah terfasilitasi dan nyaman di tempat sementara atau relokasi. Alhamdulillah, mereka dengan lapang dada bersedia direlokasi," ujar Puguh.

Adapun, area relokasi berada di Jalan Kutai untuk pedagang sayur dan kuliner. Serta, di Jalan Mahakam untuk penjual daging. Total ada sekitar 60 pedagang yang telah menempati area berjualan sementara itu.

"Kami pastikan material bangunan tidak lewat Jalan Mahakam, tapi lewat pintu pasar sisi barat sehingga tidak mengganggu kegiatan pasar sementara," katanya.

Meski berada di area relokasi, Dinas Perdagangan memastikan seluruh pedagang memperoleh fasilitas yang dibutuhkan seperti listrik dan air.

Baca juga: Pemkot terapkan e-retribusi pada 17 pasar tradisional di Kota Madiun

Baca juga: Pemkot Madiun gandeng PPI gelar operasi pasar telur ayam dan beras


"Walaupun tidak semua butuh air dan listrik, tapi kami sudah asesmen satu per satu agar mereka bisa beraktivitas sebagaimana mestinya walaupun memang namanya relokasi tidak seperti di pasar sebelumnya," terangnya.

Pemkot Madiun menganggarkan dana sebesar Rp2 miliar pada tahun 2023 untuk merenovasi bangunan Pasar Kawak yang telah tua.

Pasar Kawak memiliki luas 1.650 meter persegi. Pasar di Jalan Kutai Kota Madiun tersebut merupakan bangunan pasar pertama kali dan sudah terlihat usang. Renovasi terakhir diperkirakan sekitar tahun 1980-an.

Melalui perbaikan Pasar Kawak itu, pemkot berharap dampak positif berupa meningkatnya kunjungan masyarakat sehingga tingkat perekonomian para pedagang juga naik.

Baca juga: Bulog Madiun gelontorkan 2.300 ton beras stabilkan harga

Baca juga: Pemkab Madiun distribusikan 3 ton beras murah turunkan harga

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023