Unsulbar merupakan kampus yang telah maju karena diminati 9.000 mahasiswa yang mendaftar, namun hanya menerima 3.000 mahasiswa terbaik
Majene (ANTARA) - Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) diminta Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh untuk membantu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul guna mendukung pembangunan di provinsi itu.

."Unsulbar diminta mencetak generasi yang memiliki SDM unggul untuk mengisi pembangunan di Sulbar dan memiliki keahlian dan kompetensi yang siap menghadapi berbagai tantangan pembangunan ke depan," katanya saat menghadiri acara pengenalan kampus 3.000 orang mahasiswa baru di Kampus Unsulbar Majene, Selasa (15/8) 2023.

Ia mengatakan para mahasiswa harus terus diberikan motivasi agar mampu mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan pembangunan kedepan.

Menurut dia Unsulbar merupakan kampus yang telah maju karena diminati 9.000 mahasiswa yang mendaftar, namun hanya menerima 3000 mahasiswa terbaik.

Sehingga hal tersebut mesti menjadi tantangan bagi civitas akademika di Unsulbar agar juga meningkatkan SDM dalam rangka membangun SDM mahasiswa di kampus itu.

"Saya merasa bahagia melihat generasi muda bangsa Indonesia, seperti di kampus Unsulbar, setiap kali melihat penerimaan mahasiswa baru selalu tumbuh rasa optimisme, bangsa akan terus maju dan berkembang," katanya.

Ia menyampaikan kemajuan sebuah negara juga terletak pada kualitas pendidikan, sehingga kampus Unsulbar harus terus berbenah membangun SDM untuk kepentingan bangsa.

"Negara maju apabila pendidikan maju, sehingga pendidikan harus terus dikembangkan, karena menjadi penentu berkembangnya bangsa ini," katanya. .

Ia mengatakan, Pemprov Sulbar akan mendukung pengembangan Unsulbar dengan membantu membangun infrastruktur yang dibutuhkan, kemudian mempersiapkan lahan pertanian yang dapat dimanfaatkan mahasiswa Unsulbar untuk melakukan praktik.

Selain itu, mendorong alumni Unsulbar melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan S2 dan S3 dengan memberikan beasiswa, kemudian mendorong agar Fakultas Kedokteran didirikan di Unsulbar, demikian Zudan Fakrulloh.

Baca juga: Program kuliah gratis disosialisasikan Unsulbar

Baca juga: Mahasiswa Unsulbar kaji pelestarian penyu berbasis masyarakat

Baca juga: Gubernur Sulbar dorong perguruan tinggi ikut percepat kemajuan desa

Baca juga: Para dosen Unsulbar raih dana penelitian Rp 1,2 milyar


 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023