bisa didapatkan secara gratis di posyandu, puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara menjalankan imunisasi Rotavirus untuk anak berusia di bawah lima tahun (balita) di wilayah tersebut agar terhindar diare akut

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Juaini Yusuf saat menandai dimulainya (kick off) imunisasi Rotavirus tahun 2023 di Posyandu Hiu RW 01, Semper Timur, Cilincing, Selasa, mengatakan imunisasi Rotavirus di Jakut menyasar 15.478 balita.

Imunisasi merupakan salah upaya preventif yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit menular. Imunisasi bisa didapatkan secara gratis di posyandu, puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya yang ada di Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Lysbeth Regina Pandjaitan menambahkan dari total 15.478 balita sasaran imunisasi Rotavirus di Jakarta Utara, sebanyak 2.418 di antaranya merupakan balita di Penjaringan.

Kemudian, 1.388 balita di Pademangan, sebanyak 3.676 balita di Tanjung Priok, sebanyak 2904 balita di Koja, 1.418 balita di Kelapa Gading dan sebanyak 3.676 balita di Cilincing.

Imunisasi Rotavirus berisi 0,5 mililiter diberikan secara oral dalam tiga dosis. Pelaksanaan imunisasi dosis pertama dilakukan pada anak usia dua bulan yang lahir mulai 16 Mei 2023, lalu tahap kedua di usia tiga bulan, dan terakhir di usia empat bulan.

Berdasarkan hasil studi terhadap Rotavirus yang dilakukan sejumlah lembaga penelitian di Indonesia, virus tersebut dapat menyebabkan diare.

Sementara diare merupakan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan di dunia dan Indonesia. Tak sedikit kasus kematian nomor dua pada balita akibat diare. Diare yang berulang-ulang juga potensial berdampak terhadap kesehatan tumbuh kembang anak dan memicu stunting.
Baca juga: Pemprov DKI awali pemberian imunisasi rotavirus di RPTRA Garuda
Baca juga: Pemerintah mulai melaksanakan imunisasi nasional Rotavirus
Baca juga: IDAI: Bayi yang ikut imunisasi rotavirus tidak dalam perut kenyang

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023