Jepara (ANTARA) - Dengan terus melanjutkan peralihan teknologi ke pemancar digital, LPP TVRI telah membuktikan konsistensinya untuk tetap relevan dalam dunia penyiaran yang terus berubah dengan menghadirkan layanan digital untuk wilayah Pantura. Aksi nyata tersebut dibuktikan dengan diresmikannya Stasiun Pemancar Digital Pucang Pendawa oleh Direktur Utama LPP TVRI, Iman Brotoseno pada Selasa (15/08), bertempat di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara.

Dalam kesempatan yang sama, hadir mewakili Gubernur Jawa Tengah, Sekretaris Dinas Kominfo Jateng, Hermoyo; Kepala Dinas Kabupaten Jepara, Arif Darmawan, Kepala Dinas Kominfo Rembang Gantiarto Stefanus dan Plt. Direktur Umum LPP TVRI Akhbar Sahidi.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Kominfo Jawa Tengah Hermoyo disampaikan bahwa peresmian transmisi siaran digital TVRI hari ini adalah langkah maju yang luar biasa bagi industri penyiaran di Jawa Tengah.

"Dengan teknologi baru ini, kita dapat meningkatkan kualitas siaran televisi yang diterima oleh masyarakat, memberikan pengalaman menonton yang lebih baik, serta memberikan akses yang lebih luas dan merata kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah Jawa Tengah. Kita dapat terus mengedukasi dan menginformasikan masyarakat tentang berbagai isu penting, baik di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, olahraga, maupun berbagai program-program unggulan lainnya." ujar Hermoyo dalam membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah.

Sementara Direktur Utama LPP TVRI, Iman Brotoseno menjelaskan bahwa hadirnya stasiun pemancar digital di Kabupaten Jepara yang mencakup daerah Kudus, Rembang dan Pati adalah wujud nyata dari kemajuan teknologi serta merupakan bukti konkret upaya tak pernah putus dari LPP TVRI dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada publik.

"Sesuai arahan Presiden bahwa TVRI mempunyai peran sebagai agen konektivitas wilayah. Apalagi dengan telah diberlakukan ASO sesuai Undang-undang Cipta Kerja, TVRI bertanggung jawab menjangkau seluruh wilayah Indonesia agar masyarakat luas bisa menikmati siaran televisi yang berkualitas." ucapnya.

Iman Brotoseno juga menegaskan bahwa pemancar digital yang berada di Pucang Pandawa ini sejatinya bukan hanya sekadar sebuah perangkat teknologi, tetapi juga merupakan simbol dari komitmen LPP TVRI untuk terus menjadi mitra setia dalam menyampaikan informasi, budaya, dan nilai-nilai positif ke seluruh Indonesia.

"Dengan hadirnya pemancar yang berkualitas, maka program-program TVRI yang bermutu dapat diterima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat" imbuhnya.

Tidak hanya peresmian pemancar, Direktur Utama LPP TVRI juga membagikan 200 unit Set Top Box (STB) kepada masyarakat sekitar. Diharapkan dengan adanya STB tersebut, masyarakat sekitar pemancar dapat menikmati siaran TVRI dengan lebih baik lagi.

Pemancar Pucang Pandawa merupakan salah satu dari 17 pemancar digital baru yang tersebar di Indonesia. Dengan daya pancar transmisi pucang Pendawa 500 watt yang ditopang 4 panel, Puncang Pandawa mampu mengkonversi area Jateng 6.

Adapun pemancar lainnya yang sudah digitalisasi oleh LPP TVRI di tahun 2023 sebagai berikut:
1. Pucang Pendawa (Jateng)
2. Alas Malang (Jatim)
3. Loksumawe (Aceh)
4. Sidikalang (Sumut)
5. Soasiu (Maluku Utara)
6. Tual (Maluku Utara)
7. Sorolangun (Jambi)
8. Bangko (Jambi)
9. Kupang (NTT)
10. Betun (NTT)
11. Haruai (Kalsel)
12. Siak (Riau)
13. Poso (Sulteng)
14. Sanggau Kapuas (Kalbar)
15. Berau (Kaltim)
16. Sentani (Papua)
17. Morowali (Sulteng)

Komitmen untuk memberikan layanan siaran digital kepada masyarakat tak pernah putus diupayakan oleh LPP TVRI. Dengan terus memperbaharui stasiun transmisi, LPP TVRI hadir dengan layanan siaran berkualitas yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023