Orangnya baik, ilmu luas, punya leadership. Jadi Kiai Anwar Iskandar sudah memenuhi kriteria pimpinan ideal. Umur beliau sudah matang
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan Anwar Iskandar yang akan disahkan sebagai Ketua Umum MUI dalam Rapat Paripurna Dewan Pimpinan MUI merupakan sosok pemimpin yang ideal.

"Orangnya baik, ilmu luas, punya leadership. Jadi Kiai Anwar Iskandar sudah memenuhi kriteria pimpinan ideal. Umur beliau sudah matang," ujar Anwar Abbas saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Anwar Iskandar sebelumnya diputuskan menjadi Ketua Umum MUI menggantikan Miftachul Akhyar dalam Rapat Pleno Pimpinan MUI yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta.

Setelah rapat pleno, keputusan akan dibawa ke Rapat Paripurna Dewan Pimpinan MUI untuk disahkan. Menyoal waktunya, penyelenggaraan Rapat Paripurna Dewan Pimpinan akan berkonsultasi dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Baca juga: Anwar Iskandar ditetapkan sebagai Ketua Umum MUI

Anwar Abbas mengaku bahagia karena lembaga yang mewadahi ulama tersebut akan memiliki ketua umum sepeninggal Miftachul Akhyar. Pasalnya, kekosongan kursi Ketum telah berjalan lebih dari satu tahun.

Anwar berharap MUI di bawah komando Anwar Iskandar akan lebih solid lagi. Apalagi banyak masalah-masalah keumatan dan kebangsaan yang mesti dibicarakan.

"Yang bagi saya tidak hanya tugas pemerintah saja, elemen umat juga harus peduli. Orang seperti Kiai Anwar Iskandar sudah mengerti masalah seperti itu," katanya.

Anwar Iskandar selama ini dikenal sebagai Kiai Senior Nahdlatul Ulama (NU). Saat ini ia menjabat sebagai Wakil Rais Aam PBNU periode 2022-2027. Selain di PBNU, Anwar juga aktif di MUI dan tercatat sebagai salah satu Wakil Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI 2020-2025.

Baca juga: Usulan Anwar Iskandar jadi Ketum MUI atas rekomendasi Miftachul Akhyar

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023