Saya minta ada campur tangan APTARI agar desain bangunan ini dapat lebih terlihat bagus dan rapi.
Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) untuk terlibat dalam penataan dan keindahan pembangunan di Sumut.

"Pembangunan di Sumut, saya minta ada campur tangan APTARI agar desain bangunan ini dapat lebih terlihat bagus dan rapi," ujar Edy Rahmayadi saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APTARI, di Medan, Selasa.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan ini menjelaskan dengan melibatkan APTARI bertujuan agar bangunan di Sumut dapat mengimbangi bangunan yang ada di Eropa.

"Kita lihat keindahan dan kerapian kota kita di sini juga ada peran dari arsitek. Maka dari dalam penentuan grand desain ini perlu melibatkan arsitek, dalam pelaksanaan pembangunan agar mengimbangi bangunan Eropa," kata Edy Rahmayadi.

Menurut Edy, keterlibatan APTARI dapat menjadi jawaban atas semua persoalan dalam tata ruang di Sumut agar lebih baik lagi. Seperti pembangunan sport center.

"Tentunya ini dapat menjawab semua persoalan yang telah terjadi dalam tata ruang selama ini, agar lebih baik dan tertata kembali. Sumut juga terus melakukan pembangunan di antaranya pembangunan sport centre," ujar Edy

Ketua APTARI Yulianto Purwono Prihatmaji menuturkan sampai saat ini ada delapan perguruan tinggi arsitek di Indonesia, yang terus mencetak mahasiswa andal dalam bidang arsitek. Diharapkan delapan kampus ini tentunya dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan arsitektur di Indonesia.

"Tentunya kita berharap perkembangan arsitektur di Indonesia dapat terus berkembang dari delapan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Peran dan harapan kita ke depan dapat berkontribusi pada pembangunan yang ada," ujar Yulianto Purnomo

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin berterima kasih, karena USU ditunjuk sebagai tuan rumah Rakernas APTARI. Ia berharap rakernas tersebut menghasilkan keputusan untuk pengembangan pendidikan arsitektur di Indonesia.

"Kami juga bangga, terima kasih karena Universitas Sumatera Utara ditunjuk sebagai tuan rumah dalam Rakernas APTARI 2023 ini. Kita sama-sama berdoa agar acaranya ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang baik untuk pengembangan pendidikan arsitektur di Indonesia, kajian-kajian, kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan arsitektur di Indonesia," ujar Muryanto Amin.
Baca juga: Pemprov Sumut minta Menpora percepat pembangunan stadion PON 2024
Baca juga: Kadis Kominfo: Indeks Pembangunan Manusia di Sumut tumbuh 0,71 persen

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023