Jakarta (ANTARA News) - Persatuan gereja-gereja se-Indonesia bekerja sama dengan sinode gereja PGI, PGPI, PBI, Gereja Ortodoks, Gereja Bala Keselamatan, dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, akan mengadakan acara akbar bertajuk Celebration of Unity, di Jakarta, pada 17--18 Mei mendatang.

Siaran pers panitia penyelenggara yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan, acara tersebut didukung ReachOut Foundation, sebuah yayasan nirlaba yang dipimpin Judith Soeryadjaya, itu akan diisi dengan dua rangkaian acara besar.

Kedua acara tersebut yakni seminar akbar di Mal Mega Kemayoran, dengan menghadirkan ribuan peserta dari seluruh perwakilan gereja di Indonesia, dan puncak acara akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno berupa pentas kolosal. Pentas kolosal akan menampilkan tarian kolosal, paduan suara, hiburan, dan peneguhan Ikrar Nasional Kesatuan Gereja.

Menurut Judith Soeryadjaya, Celebration of Unity merupakan pre-event Sidang Raya Dewan Gereja Sedunia pada 31 Oktober-8 November 2013 di Korsel. ''Ada 323 Sinode dari Kristen Protestan dan seluruh Keuskupan Gereja Katolik di Indonesia yang pasti hadir,'' katanya.

Judith mengatakan, untuk menghadiri acara puncak itu tidak dipungut biaya, dan panitia sudah mengirimkan undangan pada perwakilan gereja seluruh Indonesia. Dalam acara puncak juga akan dinyanyikan lagu yang berjudul "Song of Unity". Lagu tersebut akan menjadi theme song puncak Peneguhan Ikrar Nasional Kesatuan Gereja.

"Lagu ini merupakan persembahan  Reachout Foundation yang dinyanyikan oleh tak kurang dari 150 orang penyanyi yang tergabung dalam paduan suara dan musik Solideo," katanya.

Pembina Paduan Suara dan Musik SoliDeo, Yakub Pratama mengatakan, album "Song of Unity" itu diharapkan dapat terus bergema serta menjadi penyemangat sekalipun acara di Stadion Bung Karno sudah selesai. ''Ini agar berdampak nyata bagi persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia di manapun berada,'' ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum acara Pendeta Nus Reimas, mengatakan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah acara Pre-Event General Assembly World Councils of Churches, tidak terlepas dari semangat kesatuan dan persatuan gereja yang telah terjalin erat di antara sinode-sinode dan gereja nasional, ditambah dengan keberhasilan Indonesia dalam penyelenggaraan acara Global Christian Forum di Manado pada 2011.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013