Istanbul (ANTARA) - Senjata nuklir taktis dikerahkan di Belarus sebagai tanggapan atas militerisasi Eropa Timur, kata Presiden Belarus Alexander Lukashenko, Selasa (15/8).

"Dengan mengerahkan senjata nuklir taktis ke Belarus, kami secara tepat menanggapi militerisasi yang cepat di Eropa Timur dan meningkatnya aktivitas militer Amerika Serikat dan NATO," kata Lukashenko pada peserta Konferensi Keamanan Internasional Moskow ke-11, menurut pernyataan dari kepresidenan Belarus.

Pernyataan tersebut mengutip dia yang mengatakan bahwa perang informasi dan kejahatan dunia maya telah menjadi jenis senjata baru yang merusak hubungan perdagangan dan ekonomi internasional.

"Dengan latar belakang ini, masih ada pendukung yang konsisten untuk memastikan perdamaian dan keamanan, memenuhi kewajiban internasional yang diasumsikan sebelumnya, Republik Belarus - bersama dengan mitranya dan dalam kerangka Negara Persatuan Belarus dan Rusia - melakukan segala upaya untuk memperkuat interaksi dalam perang melawan tantangan transnasional dan berbagai macam ancaman," katanya.

Lukashenko mencatat, bagaimanapun, bahwa penyebaran senjata nuklir taktis tidak membatalkan inisiatif perdamaian yang diajukan Minsk "untuk meluncurkan kembali dialog tentang masalah yang berkaitan dengan keamanan Eropa dan global dengan dasar yang sama."

Dia juga mengatakan situasi internasional saat ini tetap "tegang yang belum pernah terjadi sebelumnya," menambahkan bahwa "hampir semua tantangan dan ancaman yang diketahui telah meningkat."

"Hukum internasional tentang pengendalian senjata telah didiskreditkan. Risiko yang meningkat bahwa senjata pemusnah akan digunakan, terutama untuk provokasi yang melibatkan senjata nuklir dan biologi,"katanya.

Dia melanjutkan dengan menyatakan keyakinannya bahwa pertemuan selama konferensi di Moskow akan berfungsi untuk "memperkuat kerja sama antara negara dan rakyat dan menjadi langkah penting menuju pembangunan sistem baru keamanan internasional."

Pada akhir Mei, menteri pertahanan Rusia dan Belarus menandatangani kesepakatan tentang pengerahan senjata nuklir Rusia di Belarus.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan langkah tersebut sebagai tanggapan atas meningkatnya risiko keamanan, menekankan bahwa Moskow mengikuti AS, yang telah mengerahkan senjata nuklir taktisnya di negara-negara Eropa.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Polandia tuding Rusia, Belarus gunakan imigran untuk ganggu negaranya
Baca juga: Putin ancam negara-negara yang berniat menyerang Belarus

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023