Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Tim SAR Mataram gabungan menemukan korban Saepudin (34) warga Kabupaten Lombok Barat yang sebelumnya dikabarkan hilang sejak Rabu (26/7) saat mencari kayu di hutan Ponto Uha, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dalam keadaan selamat, Rabu.

Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi di Mataram, Rabu mengatakan saat melakukan pencarian pada Rabu menjelang siang tim SAR berhasil menemukan korban bersama seorang warga Desa Lebangkar atas nama Azis di Hutan Ponto Uha, yang sedang beristirahat saat melakukan perjalanan pulang.

"Saat ditemukan kondisinya lemas, dan korban menginap di Pantai Sampadan," katanya.

Korban Saepudin hilang saat mencari kayu sejak Rabu (26/7) namun baru dilaporkan kepada Tim SAR Mataram pada Selasa (15/8) setelah beberapa minggu korban dinyatakan hilang.
  
Baca juga: Tim SAR mencari warga yang hilang di kawasan hutan di Sumbawa

Baca juga: Tim SAR Mataram hentikan pencarian korban tenggelam di Gili Ringgit


Selanjutnya Saepudin (34) asal Dusun Orong Selatan, Desa Gegerung, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat dievakuasi menuju Desa Lebangkar untuk diberikan pertolongan medis, karena kondisi korban yang lemas.

"Korban sudah diserahkan ke pihak keluarga yang berada di Desa Lawin, setelah mendapatkan penanganan medis," katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (26/7) korban bersama lima orang temannya pergi ke lokasi kejadian untuk mencari kayu di kawasan hutan Sumbawa dan keesokan paginya mereka mencari kayu secara terpisah.

Namun hingga Minggu (6/8) sore, ia tidak kunjung kembali ke tenda yang sebelumnya mereka bangun di tengah hutan tersebut. Rekan-rekannya bersama warga setempat berusaha melakukan pencarian, namun tidak bisa ditemukan, sehingga dilaporkan ke pihak SAR Mataram pada, Selasa (15/8) siang.

Kantor SAR Mataram menerjunkan tim rescue dari Pos SAR Sumbawa untuk melakukan pencarian bersama unsur dari TNI, Polri, BPBD, warga setempat, pihak keluarga, dan lainnya.

"Akhirnya korban ditemukan dengan selamat pada hari kedua (Rabu) pencarian," katanya.

Baca juga: Tim SAR Mataram mencari dua pemancing hilang terseret ombak

Baca juga: Tim SAR Mataram menemukan pemancing yang tenggelam di Pantai Semeti

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023