Kami segera menurunkan tim rescue untuk pencarian dan evakuasi, juga menghindari kondisi lebih parah, seperti hipotermia
Mataram (ANTARA) - Tim SAR Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengevakuasi tiga orang korban yang tersesat di kawasan hutan Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

"Tiga korban asal Kota Mataram itu ditemukan dalam keadaan selamat," kata Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi di Mataram, Senin.

Baca juga: SAR Bandung buat unit SAR di Cianjur

Peristiwa itu bermula ketika para korban masuk ke dalam hutan untuk berwisata atau menginap pada Minggu (3/9) malam, sehingga para korban tersesat. Kemudian Kantor SAR Mataram menerima laporan dari salah satu korban atas nama Suartha Putra (25) mengalami tersesat di hutan bersama dua orang temannya, Sahrun (38) dan Budi (28) saat perjalanan menuju Pantai Terune Semalem, wilayah setempat.

Kurang lebih selama lima jam mereka berusaha mencari jalan keluar, namun tidak berhasil. Permohonan bantuan evakuasi pun diteruskan ke pihak terkait.

“Kami segera menurunkan tim rescue untuk pencarian dan evakuasi, juga menghindari kondisi lebih parah, seperti hipotermia,” katanya.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan dua pemuda tenggelam di Sungai Cisokan

Turut melibatkan unsur dari TNI, Polri, Pokdarwis Sekotong, warga setempat, dan potensi SAR wilayah Lombok Barat.

"Para korban telah diserahkan kepada pihak keluarga," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan aktivitas, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

​​​​​​"Jika ada warga yang ingin berwisata, supaya tetap berhati-hati dan mengenal lokasi, supaya tidak tersesat," katanya.

Baca juga: Tim SAR cari dua nelayan asal Sumbawa Barat yang hilang saat melaut




 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023