Kendari (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara (Sultra) atau Bank Sultra menyebut bahwa salah satu produk layanannya yang bernama tabungan Simpel (simpanan pelajar) menjadi primadona di kalangan pelajar.

"Tabungan Simpel Bank Sultra menjadi primadona kalangan siswa-siswi dari berbagai jenjang sekolah di Bumi Anoa lantaran proses administrasi pembukaan rekening yang mudah dan ringkas," kata Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra Abdul Latif di Kendari Rabu.

Ia mengatakan bahwa tabungan Simpel Bank Sultra itu juga memberi akses luas bagi kalangan pelajar untuk menabung secara mandiri di lembaga perbankan.

Biasanya praktek menabung dilakukan di rumah, lewat tabungan Simpel Bank Sultra, para pelajar di wilayah Bumi Anoa,  kini bisa mengakses bank sebagai tempat mereka menabung.

"Sejak diluncurkan perdana pada 2016, sampai dengan saat ini terdapat 61.995 pelajar yang telah membuka tabungan Simpel di Bank Sultra periode Juli 2023," sebut Abdul Latif.

Dia menjelaskan bahwa besarnya animo pelajar di Sultra membuka rekening tabungan Simpel Bank Sultra tak lepas dari kampanye proaktif yang dilakukan Bank Sultra ke berbagai jenjang sekolah.

Bank Sultra secara rutin melakukan kegiatan goes to school ke semua tingkatan sekolah di seluruh kabupaten/kota se-Sultra.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan produk tabungan Simpel dan meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar.

Ia menuturkan bahwa tabungan Simpel Bank Sultra merupakan salah satu produk layanan perbankan dengan sasaran utama komunitas pelajar.

Hadirnya tabungan Simpel ini merupakan bagian respon Bank Sultra mendukung program nasional yang diluncurkan Presiden RI pada 14 Juni 2015 pada kegiatan Pasar Keuangan Syariah di Parkir Selatan Senayan, Jakarta.

Program tabungan Simpel ini diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperluas akses keuangan bagi kalangan pelajar sekaligus mengajarkan dan membiasakan mereka mengelola uang sejak dini karena produk ini dapat dimiliki mulai dari siswa PAUD hingga SMA.

Hadirnya produk tabungan Simpel Bank Sultra secara khusus bertujuan mendorong budaya menabung sejak dini para generasi muda.

Pelajar yang memiliki Tabungan Simpel Bank Sultra secara langsung mendapatkan edukasi keuangan tentang produk tabungan.

"Lewat produk tabungan Simpel, Bank Sultra mendorong budaya gemar menabung generasi muda sekaligus melatih pengelolaan keuangan sejak dini," jelas Abdul Latif.

Ia menyebutkan bahwa tingginya animo pelajar membuka tabungan Simpel Bank Sultra secara tidak langsung mendorong kecintaan generasi muda terhadap bank daerah dan ikut mendukung pembangunan di daerah.

Sebagaimana diketahui tabungan Simpel Bank Sultra merupakan produk keuangan diluncurkan bank plat merah milik Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara, dimana eksistensi Bank Sultra terbukti memberi kontribusi PAD dan sumbangsih bagi pembangunan di Bumi Anoa.

Beberapa langkah yang secara intens pihaknya lakukan yaitu menggelar kegiatan edukasi dan sosialisasi budaya menabung di kalangan pelajar baik di sekolah/kelompok belajar.

Selanjutnya bagi Pelajar yang telah memiliki rekening Tabungan Simpel dan Tabungan Anak Bank Sultra namun tidak aktif, dilakukan program maintenance kepada nasabah dalam rangka peningkatan nominal saldo rekening Simpel (Top Up Saldo).

"Harapan kami terhadap seluruh pelajar di Sultra, mari tingkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang layanan keuangan khususnya produk tabungan," ucap Abdul Latif.

Baca juga: BI Sultra mengantisipasi peredaran uang palsu selama Pemilu 2024

 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023