“Dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia, juga semakin terbuka ruang artikulasi peran kaum perempuan dalam segala bidang sebagai kemajuan yang dilandasi oleh kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia,”
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa ruang artikulasi peran perempuan dalam segala bidang semakin terbuka sebagai salah satu kemajuan yang dicapai bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

“Dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia, juga semakin terbuka ruang artikulasi peran kaum perempuan dalam segala bidang sebagai kemajuan yang dilandasi oleh kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia,” kata Puan saat menyampaikan pidato pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Meski demikian, Puan tak menampik bahwa perempuan juga masih menghadapi berbagai kendala yang berasal dari kehidupan sosial, budaya, ekonomi, maupun politik.

Untuk itu, dia menyebut masih diperlukan berbagai upaya untuk memperkuat peran perempuan dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kaum Perempuan juga harus memiliki semangat untuk saling peduli dan mendukung terhadap kemajuan kaum perempuan karena masa depan dan kemajuan kaum perempuan ditentukan oleh perempuan itu sendiri,” katanya.

Di samping itu, Puan menuturkan pula berbagai kemajuan yang telah dicapai bangsa dan negara Indonesia menyongsong 78 tahun merdeka pada 17 Agustus 2023, di antaranya kini Indonesia termasuk dalam 20 negara terbesar perekonomiannya di dunia dan masuk dalam kategori kategori negara upper-middle income.

“Kita dapat secara bertahap menurunkan kemiskinan dan kesenjangan sosial,” ucapnya.

Puan juga menyebut bahwa Indonesia telah memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal di berbagai bidang berikut generasi muda yang berprestasi, serta telah memiliki industri pengolahan nasional dan dapat menjalankan industri strategis.

Namun terlepas dari kemajuan di atas, Puan mengingatkan bahwa masih banyak hal yang perlu terus kita kerjakan agar dapat mempercepat kemajuan Indonesia.

Di awal pidatonya, Puan menyebut bahwa berdasarkan catatan Sekretariat Jenderal DPR RI telah hadir 385 orang anggota dari seluruh unsur fraksi DPR RI. Sidang pembukaan masa sidang tersebut dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dalam agenda Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024, Presiden Jokowi akan menyampaikan RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya kepada DPR.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023