kita lakukan penghijauan kota untuk kualitas udara
Bandung (ANTARA) -
Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna meminta seluruh aparat kewilayahan untuk kembali menggalakkan penghijauan dengan penanaman pohon demi menghadirkan kualitas udara yang baik dan sehat.

"Kita menggelorakan kepada kewilayahan supaya gerakan penanaman pohon kembali digalakkan," kata Ema di Bandung, Rabu.

Merujuk pada Buku Bandung Dalam Angka Tahun 2022 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, disebutkan bahwa di Kota Bandung terdapat 759 taman kota dengan total luas 2.170.134,11 meter persegi.

Pemkot Bandung terus menambah Ruang Terbuka Hijau diantaranya dengan hadirnya Ciko Arena 1-5, Wetland Park, Seke Babakan Citereup, berbagai Kolam Retensi dan ruang publik lainnya.

Baca juga: Sekitar seribu bibit tanaman ditanam di Kota Surabaya setiap hari
Baca juga: BRI Insurance lakukan penghijauan di Hutan Kota Pulo Gebang


Belum lama ini Pemkot Bandung juga telah melakukan penghijauan di Kawasan Jalan Sudirman yang diharapkan untuk dapat menjadi pemicu penghijauan di ruas jalan yang lain.

"Nanti Asda 1 memonitor program penghijauan kota bersama DPKP (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman). Konsistensi dalam penyelenggaraan penghijauan. Kita juga akan lakukan penghijauan di Jalan Braga," ucap Ema.

Terkait dengan kualitas udara di berbagai Kota besar di Indonesia mengalami pencemaran, Ema mengajak seluruh masyarakat Bandung bersama untuk mengurangi aktivitas yang menghadirkan polusi udara demi menghindari hal yang sama terjadi di Kota Bandung.

"Sedikit demi sedikit dengan anggaran yang terbatas, kita lakukan penghijauan kota untuk kualitas udara dan pembangunan kota Bandung yang lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Jaktim ajak warga manfaatkan lahan kosong untuk penghijauan
Baca juga: Pemkot Batu ajak anak-anak tanam pohon jaga kelestarian lingkungan
Baca juga: Menteri LHK minta persemaian dan penghijauan mulai dilakukan di IKN

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023