Jakarta (ANTARA News) - Samsung Electronic memulai produksi massal chip memori berukuran kecil tapi berkapasitas besar 128GB, yang mungkin bisa menggantikan hard disk-hard disk laptop yang berukuran relatif besar.

Chip NAND 3bit multi-level-cell (MLC) itu diproses dengan teknologi 10 nanometer (nm)-class, sangat canggih untuk solusi memori high-density seperti perangkat penyimpanan NAND yang tertanam dan solid state drive (SSD), kata Samsung dalam pernyataan di blog resminya, Kamis.

Dengan proses 10nm-class, Samsung mengklaim perangkat itu memiliki kepadatan tertinggi dalam industri serta tingkat kinerja hingga 400 megabit per detik (mbps) kecepatan transfer data berdasarkan antarmuka DDR 2.0.

Selain memproduksi massal chip memori, Samsung juga akan memperluas pasokan kartu memori 128GB, yang dapat menyimpan 16 file video HD berukuran 8GB.

Perusahaan Korea Selatan itu juga akan meningkatkan volume produksi SSD berkapasitas 500GB untuk memperluas adopsi SSD dalam sistem komputer, sekaligus memimpin peralihan dari penggunaan hard disk drive (HDD) ke SSD di pasar notebook.

Samsung sejak November tahun lalu memulai produksi memori flash NAND MLC 64GB, kemudian membuat yang berkapasitas lebih tinggi 128GB dan seri SSD 840 yang berkapasitas 250GB.

Penerjemah: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013