Jakarta (ANTARA) - Mesin pencari Google Search hari ini membuat tampilan khusus Doodle untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78.

Google Doodle tahun ini menggambarkan perlombaan yang kerap dilakukan saat perayaan 17 Agustus. Masing-masing perlombaan mewakili satu huruf pada Google.

Pada huruf "G" pertama, terdapat ilustrasi seorang pemain bola, sementara dua huruf "O" masing-masing berupa raket bulu tangkis. Ilustrator Diela Maharani, yang membuat Google Doodle tahun ini, menyoroti isu disabilitas dengan menjadikan kursi roda sebagai huruf "G" kedua pada Google.

Baca juga: Google Doodle rayakan 2023 dengan taburan confetti

Sementara untuk huruf "L" dan "E" pada Google Doodle, ilustrator membuat gambar lomba balap karung dan seorang anak yang berlatih pencak silat dengan gurunya.

Ketika Google Doodle 17 Agustus diklik, pengguna akan diarahkan ke laman pencari yang berisi informasi tentang Hari Kemerdekaan Indonesia. Kemeriahan perayaan terasa karena Google memberikan konfeti pada laman hasil pencarian.

Dalam siaran pers, Diela Maharani mengungkapkan kebanggaannya terpilih menjadi ilustrator untuk Google Doodle perayaan 17 Agustus. Doodle itu dia buat agar orang Indonesia terus membawa semangat Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan perbedaan yang ada, kita dapat saling belajar dan bertukar ide. Kita dapat membangun bangsa yang lebih kuat dan lebih indah," kata Diela.

Baca juga: Google Doodle kenang Gerald "Jerry" Lawson lewat gim interaktif

Manajer Komunikasi Google Indonesia Feliciana Wienathan mengatakan bahwa data Google Trends menunjukkan banyak orang Indonesia tertarik belajar lebih lanjut cara merayakan Hari Kemerdekaan.

"Istilah pencarian ini juga menunjukkan bahwa banyak orang di Indonesia bangga dengan negara mereka dan ingin merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara yang bermakna," kata Feliciana.

Pada Agustus 2022, Google Indonesia mencatat kata kunci "lomba kemerdekaan" naik sekitar 150 persen. Platform tersebut juga mencatat kata kunci makanan yang populer saat Hari Kemerdekaan adalah tumpeng, nasi kuning, kue, bakso dan sate.

Baca juga: Google Doodle rayakan angklung hari ini

Baca juga: Sosok Rasuna Said jadi wajah di Google Doodle hari ini

Baca juga: Sejarah di balik mangkuk ayam jago yang tampil di Google Doodle

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023