Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

Presiden Jokowi hadiri sidang tahunan MPR mengenakan pakaian Maluku

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2023 di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Rabu, dengan mengenakan pakaian adat Maluku.

Presiden Jokowi tiba di Kompleks Parlemen sekitar pukul 08.30 WIB dengan mengenakan pakaian adat dari daerah Tanimbar, Maluku.

Selengkapnya klik di sini.

Bamsoet: Presiden terpilih harus teruskan tongkat estafet pembangunan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menaruh harapan besar pada bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang nantinya memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 untuk dapat meneruskan perjuangan pemerintahan saat ini.

"Lebih dari itu, kita berharap, siapa pun nantinya yang terpilih hendaknya meneruskan tongkat estafet pembangunan nasional, konsisten untuk mengambil langkah-langkah positif, dan melanjutkan apa yang telah dimulai oleh para pemimpin sebelumnya," kata Bambang saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

Jokowi tahu kerap disebut "Pak Lurah" dan jadi tameng Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo mengetahui dirinya kerap disebut sebagai "Pak Lurah" dan dijadikan sebagai tameng oleh sejumlah pihak yang berkepentingan politik menjelang Pilpres 2024.

"Kita saat ini sudah memasuki tahun politik. Suasananya sudah hangat-hangat kuku dan sedang tren ini di kalangan politisi dan parpol. Setiap ditanya soal siapa capres, cawapresnya, jawabannya 'Belum ada arahan (dari) Pak Lurah'," kata Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

PDIP masih buka pintu koalisi untuk Golkar

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyatakan partai-nya masih membuka pintu berkoalisi untuk Golkar meskipun partai berlogo Pohon Beringin itu telah mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto.

Puan meyakini koalisi Golkar dengan partai-partai pendukung Prabowo, yang tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yaitu Gerindra, PKB, PAN, Partai Bulan Bintang (PBB), masih belum final.

Selengkapnya klik di sini.

Puan: Artikulasi peran perempuan semakin terbuka seiring kemerdekaan

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa ruang artikulasi peran perempuan dalam segala bidang semakin terbuka sebagai salah satu kemajuan yang dicapai bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

“Dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia, juga semakin terbuka ruang artikulasi peran kaum perempuan dalam segala bidang sebagai kemajuan yang dilandasi oleh kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia,” kata Puan saat menyampaikan pidato pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023