Lomba-lombanya diikuti dari semua lintas generasi dari anak-anak hingga orang tua, kalau tasyakuran digelar di sepanjang Jalan Tambak Bayan ini
Surabaya (ANTARA) - Puluhan warga keturunan Tionghoa menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Kampung Tambak Bayan, Alun-Alun Contong, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

"Terima kasih atas partisipasinya dalam upacara kali ini, lupakan sejenak apa yang terjadi di kampung ini, semoga semua tetap dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa," ucap Wakil Ketua RT 02, RW 02, Jalan Tambak Bayan Suseno Karja yang bertugas sebagai pembina upacara.

Mereka menggelar upacara HUT ke-78 RI dengan mengenakan baju tradisional Congsam berwarna merah. Warga tampak berbaris rapi dari pembukaan hingga pengibaran Bendera Merah Putih.

"Upacara ini sudah dua kali kami gelar, tahun kemarin sama tahun ini. Artinya kami tetap harus menjunjung tinggi dan menghormati para pahlawan yang berjuang untuk NKRI," ujar Suseno.

Baca juga: Jokowi sapa masyarakat yang hadir di Istana Merdeka saat HUT RI

Menurut dia, sebelum upacara ada juga kegiatan yang dilakukan warga untuk turut menyemarakkan HUT ke-78 RI, diantaranya menggelar lomba hingga tasyakuran.

"Lomba-lombanya diikuti dari semua lintas generasi dari anak-anak hingga orang tua, kalau tasyakuran digelar di sepanjang Jalan Tambak Bayan ini," ucapnya.

Suseno berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air. "Karena kami memang warga negara Indonesia," tuturnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengingatkan kepada seluruh warga Surabaya bahwa pada tanggal 17 Agustus 2023 Indonesia kembali merayakan Hari Kemerdekaan. Karenanya, pada momen kemerdekaan, Kota Surabaya juga diharapkannya harus merdeka dari kemiskinan, kebodohan, dan stunting.

"Saya berharap persatuan warga Kota Surabaya, persatuan seluruh masyarakat Kota Surabaya untuk tetap menjaga guyub rukunnya, untuk terus gotong royong, untuk saling tolong menolong satu dengan lainnya," ujar Wali Kota Eri.

Baca juga: Puluhan santri lansia di Semarang ikuti upacara HUT Kemerdekaan RI
Baca juga: Pada HUT RI, Mangkunegara X tekankan kolaborasi menuju Indonesia Maju


 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023