Program ini bertujuan untuk menebalkan rasa nasionalisme, sekaligus wujud cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia
Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) menghadirkan Semarak Merah Putih di seluruh destinasi yang dikelola TWC.

"Program ini bertujuan untuk menebalkan rasa nasionalisme, sekaligus wujud cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Febrina Intan di Sleman, Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, semarak Merah Putih di destinasi PT TWC diwujudkan dengan beragam aktivitas menarik yang membangun semangat kebangsaan melalui sejumlah aksi, antara lain, aksi donor darah, pengibaran puluhan bendera Merah Putih, memperdengarkan lagu-lagu perjuangan nasional, Catwalk Nusantara serta menu Merah Putih.

"Selain itu kami juga memberikan fasilitas "free of charge' atau tiket masuk gratis bagi pengunjung bernama Agus yang berkunjung ke destinasi PT TWC," katanya

Ia mengatakan, ragam aktivitas yang sarat dengan nilai edukasi dan "socio-culture" dikemas dengan nuansa yang memeriahkan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, momentum yang mengharu biru bagi bumi pertiwi.

"Program Semarak Merah Putih yang dihadirkan PT TWC, diharapkan menjadi satu atraksi baru di destinasi, yang memberikan 'experience value" kepada para wisatawan," katanya.

Febrina mengatakan, mengawali Semarak Merah Putih dengan pemutaran lagu-lagu perjuangan nasional di destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, TWC Prambanan dan TWC Keraton Ratu Boko, sejak 13 Agustus 2023 hingga 31 Agustus 2023.

"Lantunan lagu perjuangan ini ikut menyemarakkan destinasi wisata cagar budaya unggulan di Indonesia," katanya.

PT TWC juga menggelar aksi donor darah pada 14 Agustus 2023 di Kantor Unit TWC Prambanan. Aksi yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini diikuti oleh puluhan sukarelawan yang berasal dari karyawan PT TWC.

"Pada 17 Agustus 2023, ragam experience dihadirkan oleh PT TWC, di antaranya, program 'Hai Agus' dengan memberikan Free of Charge tiket masuk destinasi TWC Borobudur, TWC Prambanan dan TWC Keraton Ratu Boko, bagi wisatawan pemilik nama Agus dan lahir pada Agustus," katanya.

Pada momentum puncak perayaan HUT Ke-78 RI ini, PT TWC juga menghadirkan "Catwalk Nusantara" di destinasi Taman Wisata Candi Prambanan.

"Program kolaborasi antara PT TWC dengan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini dihadirkan untuk turut mewarnai Semarak Merah Putih di destinasi Warisan Budaya Dunia," katanya.

Kemudian untuk turut menjaga kekhidmatan momentum Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17
Agustus 2023 pukul 10.16 WIB diperdengarkan suara Detik-Detik Proklamasi dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, di seluruh destinasi yang dikelola oleh PT TWC, diikuti secara serempak oleh wisatawan.

"PT TWC juga menggaungkan campaign #pakaiannusantara yang diperuntukkan bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi-destinasi PT TWC. Campaign ini digaungkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kekayaan wastra nusantara," katanya.

Ia mengatakan, kekayaan yang berakar dari sosial kultural masyarakat Nusantara ini merupakan perwujudan cipta, karya, karsa dan menjadi salah satu kekayaan khas
Indonesia.

Wisatawan yang berkunjung ke destinasi Taman Wisata Candi juga dimanjakan dengan menu kuliner spesial menyambut perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Menu khas Indonesia bernuansa Merah Putih ini dapat dinikmati di beberapa resto yang berada di dalam kawasan Taman Wisata Candi (TWC), antara lain Manohara Resto, Prambanan Resto, Andrawina Resto dan Rama Shinta Garden Resto. Menu ini mulai tersaji dari 15 sampai 21 Agustus 2023.

"Sajian kuliner bertajuk "Sekul Kamardikan' (Nasi Kemerdekaan) menjadi menu utama dalam perayaan HUT Ke-78 RI di Manohara Resto, kompleks TWC Borobudur, Magelang, Jawa Tengah," katanya.

Menu Sekul Kamardikan terdiri dari Nasi Tumpeng dengan lauk berupa Mangut Ikan Tuna dan Telur Mata Putri. Menu ini menjadi lengkap dengan sajian Wedang Kamardikan yang melebur dahaga dan mencairkan suasana.

Di Prambanan Resto, menu spesial Kemerdekaan bertajuk Paket Merdeka dihadirkan kepada wisatawan yang berkunjung ke TWC Prambanan. Menu ini terdiri dari Nasi Gurih Merah Putih, yang dikelilingi sejumlah lauk berupa Kering Kentang, Telur Balado, Sempol Ayam, Oseng Bihun serta dilengkapi dengan minuman Fruit Punch.

Rama Shinta Garden Resto menyajikan Nasi Merah Putih beserta sejumlah lauk pauk yang terdiri dari Daging Ayam Suwir, Paprika Telur Asin, Sate Lilit Ikan dan Ayam.

Paket Merdeka yang tersaji di kawasan Teater dan Pentas Ramayana Prambanan, Sleman, ini dilengkapi dengan Es Kelapa Muda dan buah potong yang menyegarkan.

Sementara di Andrawina Resto, tersaji Paket Merdeka berupa Nasi Tumpeng Merah Putih, Daging Rendang dan Wedang Boko, yang merupakan minuman khas Andrawina Resto yang terdiri dari rempah-rempah alami.

"Hidangan spesial ini menambah karakteristik dari destinasi wisata Cagar Budaya unggulan yang berada di Sleman, Yogyakarta ini," katanya.

PT TWC sebagai Indonesia Heritage Management, kata dia, berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkelanjutan dan berkualitas, untuk menghadirkan destinasi yang inspiratif, atraktif dan edukatif.

"Melalui program Semarak Merah Putih ini, wisatawan yang berkunjung bisa turut serta merayakan Hari Kemerdekaan dengan suka cita dan ikut merasakan semangat cinta tanah air di destinasi cagar budaya unggulan Indonesia ini. Kami senantiasa melakukan inovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi wisatawan yang berkunjung," katanya.

Baca juga: TWC dukung Candi Borobudur sebagai "Spiritual Destination"

Baca juga: InJourney bersama PT TWC mengenalkan wisata minat khusus Borobudur

Baca juga: TWC selenggarakan kegiatan Edukasi dan "Socio-Culture Engagement"

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023