Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, peringatan HUT RI ke-78 merupakan momen untuk mengenang dan menjaga semangat persatuan, kesatuan dan kebangsaan.
 
"Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia pagi ini adalah momen untuk mengenang dan menjaga semangat persatuan, kesatuan dan kebangsaan para pahlawan pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan," ujar Trenggono kepada Antara di Jakarta, Kamis.
 
Dengan kemerdekaan tersebut, lanjut dia, Indonesia memiliki kedaulatan untuk mengatur dan mengelola sumber daya yang dimiliki secara mandiri, termasuk sumber daya kelautan dan perikanan yang merupakan anugerah yang luar biasa bagi bangsa Indonesia.
 
Trenggono juga mengajak seluruh jajaran di Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) untuk melaksanakan kebijakan ekonomi biru.
 
"Karenanya, kita semua di Kementerian Kelautan dan Perikanan harus melaksanakan kebijakan ekonomi biru menjadikan panglima ekologi sebagai panglima dalam menjaga kesehatan laut," pungkasnya.

Pagi ini, Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden yang mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng asal Surakarta, Jawa Tengah, bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini yang mengusung Tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

Tema HUT RI tahun ini menyiratkan ajakan kepada seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama melanjutkan pembangunan dengan menggelorakan semangat berkolaborasi dan bersinergi.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023