Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia kembali menggelar acara tahunan "Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI)" selama tiga hari pada 18-20 Agustus di Istora Senayan-GBK Jakarta untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Bank Indonesia melalui akun resmi di X (Twitter) mengumumkan FERBI diadakan mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Tahun ini, BI mengambil tema "Persatuan dalam Keberagaman - Cinta Rupiah, Cinta NKRI" untuk FERBI 2023.
 
Dalam pantauan ANTARA di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (16/8), rangkaian kegiatan FERBI 2023 akan meliputi pameran rupiah dalam sejarah Indonesia, talkshow (gelar wicara) soal rupiah, layanan penukaran uang rupiah kertas dan logam, serta panggung hiburan.

Pameran rupiah dalam sejarah Indonesia akan menampilkan perjalanan cikal bakal uang rupiah dari masa ke masa, mulai dari masa kerajaan, masa penjajahan, masa kemerdekaan hingga uang rupiah edisi saat ini yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Salah satu yang menarik dari rangkaian FERBI tahun ini, para pengunjung berkesempatan untuk membeli uang rupiah kertas bersambung secara langsung. Beberapa waktu sebelumnya, Bank Indonesia telah mengeluarkan uncut banknotes (uang rupiah kertas bersambung) sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Indonesia.

Bukan hanya itu, masyarakat yang masih ingin mengoleksi Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 RI) dan sudah melakukan pemesanan melalui aplikasi Pintar milik Bank Indonesia juga dapat melakukan penukaran uang pada saat acara FERBI 2023.

Sementara untuk menghibur masyarakat yang hadir, FERBI 2023 telah menyiapkan sederet hiburan dan pertunjukan menarik bertemakan rupiah, mulai dari permainan interaktif, lomba yang diikuti oleh pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat dari berbagai wilayah di Indonesia, beragam wahana hingga bintang tamu ternama.

Penutupan rangkaian kegiatan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 akan diisi penampilan Piyu dan kawan-kawan dari grup band Padi serta komika Yusril Fahriza.

Baca juga: BI Bali gaungkan cinta rupiah dan QRIS di Festival Imlek Bersama 2023

Baca juga: BI: QRIS TUNTAS bertujuan memperluas akses pembayaran digital

Baca juga: BI: Implementasi QRIS TUNTAS paling cepat pada 1 September 2023

 

Pewarta: Hana Kinarina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023